oleh

Musda ke-10 NW Kabupaten Sumbawa Sukses Digelar

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pengurus Daerah Nahdlatul Wathan (PDNW) Kabupaten Sumbawa, sukses menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke 10 Tahun 2020. Muhammad Salsah, QH, S.Sos.I., M.Pd.I., terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PDNW Sumbawa periode 2020-2025.

Acara yang digelar, Sabtu (07/11/2020) di Aula Hotel Sernu Raya, Kota Sumbawa ini, dibuka secara resmi oleh Pjs. Bupati Sumbawa, Ir. Zainal Abidin, M.Si. Turut hadir, Pengurus Wilayah NW Provinsi NTB, Dewan Mukhtasyar PBNW, Wakapolres, Kepala Kantor Kementarian Agama Sumbawa, Toko Agama, PC NW Se Kabupaten Sumbawa.

iklan

Acara diawali dengan pembacaan kalam ilahi, pembacaan sholawatunnahdatain, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars NW, dilanjutkan dengan Musda, terakhir pengukungan pengurus PDNW Sumbawa periode 2020-2025 secara virtual.

Pjs. Bupati Sumbawa Ir. Zainal Abidin, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, sebagai organisasi kemasyarakatan, NW telah banyak berkontribusi dalam bidang pendidikan, sosial, dan dakwah islamiah. Selain menjadi wadah bagi anggotanya dalam berinteraksi, NW dalam melakukan pembangunan kerohanian masyarakat sangat sejalan dengan kultur masyarakat Sumbawa, yaitu adat berenti ko syara, syara berenti ko kitabullah, dimana segalah perikehidupan bermasyarakat di Tanah Samawa dilandasi oleh ajaran islam.

Baca juga:  Peserta SKD Diwajibkan Hadir Satu Jam Sebelum Seleksi Dimulai

Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Sumbawa, dirinya menyampaikan terima kasih kepada segenap pengurus dan warga NW Kabupaten Sumbawa yang selama ini telah berkiprah mendukung Pemerintah Daerah dalam pembangunan khususnya dibidang pendidikan humaniora dan religi.

Pjs. Bupati Sumbawa juga menyampaikan selamat dan sukses atas digelarnya Musda ke 10. Selaku Pimpinan Daerah, dirinya berharap kepada seluruh pengurus NW Kabupaten Sumbawa agar terus menyebarluaskan dan memperkaya masyarakat dengan ruh dan nafas islam melalui dakwah Bil Hal yaitu dakwah yang mengedepankan perbuatan nyata sebagai upaya bersama mewujudkan Sumbawa yang Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbhun Ghaffur.

“Selamat atas terselenggaranya Musda ke X NW Kabupaten Sumbawa tahun 2020. Ucapat selamat juga untuk pengurus yang kukuhkan hari ini,” tutupnya.

Usai kegiatan, Ketua PDNW Kabupaten Sumbawa periode 2020-2025, Muhammad Salsah, S.Sos.I., M.Pd, mengatakan, ini merupakan tanggung jawab besar yang diamahkan kepada dirinya. “Saya tidak menyangka terpilih. Semua adalah putusan yang harus saya jalankan. Mana yang mampu saya kerjakan saya kerjakan. Ini mupakan tanggung jawab bagi saya,” ungkapnya kepada wartawan.

Baca juga:  7680 KPE PNS Belum Didistribusikan

Sebabagi langkah ke depan, salah satu hal yang akan dirinya lakukan adalah membantuk anak cabang di semua kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Sebab kata dia, masih ada beberapa kecamatan yang belum terisi anak cabangnya.

“Periode sebelumnya banyak yang sudah dilakukan, ada yang belum dilakukan, dan ada yang harus disempurnakan. Ada 24 kecamatan, ada beberapa kecamatan yang belum terisi anak cabangnya. Jadi itu yang harus kita bentuk, pemuda-pemuda NW di masing-masing kecamatan juga belum terbentuk,” jelasnya.

Dia berharap, semuanya dimudahkan oleh Allah untuk memperjuangkan agama islam melalui organisasi NW yang mempunyai Visi Misi pendidikan, sosial dan dakwah islamiah. “mudah-mudahan medapat dukungan dari semuanya agar kita bisa berkembang di Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya. (KS/aly)