Si Jantan, Jahe Instan Bikin Sehat

Date:

Sumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Tetutama ditengah pandemi Covid-19 saat ini mewabah. Salah satu cara dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh serta meningkatkan imun dan rajin menkonsumsi makan dan minuman sehat hingga turin berolahraga.

Salah satu minuman herbal yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahun tubuh adalah Si Jantan. Si Jantan merupakan singkatan dari Jahe Instan. Ini merupakan produk olahan Jahe, Sereh, Cengkeh, Kayu Manis dan Gula pasir yang diproduksi oleh Kelompok Masyarakat Balong Niat Desa Moyo, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa.

Cara penyajian Si Jantan sangatlah mudah. Larutkan satu sendok makan bubuk Si Jantan ke dalam secangkir air panas. Si Jantan siap diminum. Bisa ditambahkan madu untuk menambah kenikmatannya.

Nevita Diana perwakilan Kelompok Masyarakat Balong Niat mengatakan, Si Jantan memiliki berbagai manfaat seperti menurunkan kolesterol, menikatkan daya tahan tubuh, anti mual, mengatasi gangguan pencernaan, meningkatkan fungsi otak, meredahkan nyeri otak, dan masih banyak lagi.

“Banyak manfaat bisa kita rasakan dengan meminum Si Jantan secara rutin. Terutama ditengah pandemi ini, bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai manacam penyakit,” jelasnya.

Diceritakan, munculnya ide pembuatan minuman jahe ini berawal dari mewabahnya pandemi Covid-19, dimana masyarakat diminta di rumah saja untuk memutus penyebarannya. Namun, warga setempat merasa dengan berdiam diri di rumah tidak ada aktivitas yang bernilai ekonomis. Dari situlah muncul ide pembuatan minuman olehan dari jahe yang diberi nama Si Jantan.

“Ide awalnya kita dibina sama Puskesmas melalui penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga), kemudian pandemi muncul kita dimita diam di rumah. Kita merasa kalau tidak ada sesuatu yang kita hasilkan di rumah. Lalu kita mencoba membuat karena kebetulan sudah ada tanaman obat banyak jahe di sekitar, kita coba membuat sesuatu inovasi seperti Jahe Instan ini,” terangnya.

Melalui produk Jahe Instan ini, masyarakat Desa Moyo khusunya yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Balong Niat ini cukup terbantu secara ekonomi. Bahkan hasil penjualnya sebagain bisa digunakan untuk kegiatan sosial seperti membagikan masker gratis kepada masyarakat setempat.

“Pemasaran dari rumah ke rumah, media sosial, secara keleuargaan alhamudillah hasilnya lumayan. Dari keuntungan juga sempat kita gunakan untuk bagi-bagi masker untuk masyarakat,” ungkapnya.

Untuk mendapatkan Si Jantan, bisa langung datang ke Desa Moyo atau menggubungi nomor Hp ibu Nevita 085338653223. Harganya sangat terjangkau, Rp. 12.000 per 125 gram. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

Kabarsumbawa.com - Selama periode arus mudik tanggal 25 Maret...

Masa Idul Fitri, Pertamina Patra Niaga Siapkan 250 Ribu Tabung LPG di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Guna menambah rasa aman dan nyaman...

Pertamina Patra Niaga Bersama BPH Migas dan ESDM Pastikan Kesiapan Energi Jelang Idulfitri di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka memantau kesiapan dan kehandalan...

Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran Energi Tetap Aman Pasca Gempa di Dompu

Dompu, Kabarsumbawa.com – Pasca Gempa Bumi bermagnitude 5,2 SR...