oleh

Si Jantan, Jahe Instan Bikin Sehat

Sumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Tetutama ditengah pandemi Covid-19 saat ini mewabah. Salah satu cara dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh serta meningkatkan imun dan rajin menkonsumsi makan dan minuman sehat hingga turin berolahraga.

Salah satu minuman herbal yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahun tubuh adalah Si Jantan. Si Jantan merupakan singkatan dari Jahe Instan. Ini merupakan produk olahan Jahe, Sereh, Cengkeh, Kayu Manis dan Gula pasir yang diproduksi oleh Kelompok Masyarakat Balong Niat Desa Moyo, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa.

iklan kampanye

Cara penyajian Si Jantan sangatlah mudah. Larutkan satu sendok makan bubuk Si Jantan ke dalam secangkir air panas. Si Jantan siap diminum. Bisa ditambahkan madu untuk menambah kenikmatannya.

Nevita Diana perwakilan Kelompok Masyarakat Balong Niat mengatakan, Si Jantan memiliki berbagai manfaat seperti menurunkan kolesterol, menikatkan daya tahan tubuh, anti mual, mengatasi gangguan pencernaan, meningkatkan fungsi otak, meredahkan nyeri otak, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Penerapan Formula Baru Harga Minyak Disambut Positif

“Banyak manfaat bisa kita rasakan dengan meminum Si Jantan secara rutin. Terutama ditengah pandemi ini, bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai manacam penyakit,” jelasnya.

Diceritakan, munculnya ide pembuatan minuman jahe ini berawal dari mewabahnya pandemi Covid-19, dimana masyarakat diminta di rumah saja untuk memutus penyebarannya. Namun, warga setempat merasa dengan berdiam diri di rumah tidak ada aktivitas yang bernilai ekonomis. Dari situlah muncul ide pembuatan minuman olehan dari jahe yang diberi nama Si Jantan.

“Ide awalnya kita dibina sama Puskesmas melalui penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga), kemudian pandemi muncul kita dimita diam di rumah. Kita merasa kalau tidak ada sesuatu yang kita hasilkan di rumah. Lalu kita mencoba membuat karena kebetulan sudah ada tanaman obat banyak jahe di sekitar, kita coba membuat sesuatu inovasi seperti Jahe Instan ini,” terangnya.

Baca juga:  Pengiriman Ternak Kabupaten Sumbawa Menurun

Melalui produk Jahe Instan ini, masyarakat Desa Moyo khusunya yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Balong Niat ini cukup terbantu secara ekonomi. Bahkan hasil penjualnya sebagain bisa digunakan untuk kegiatan sosial seperti membagikan masker gratis kepada masyarakat setempat.

“Pemasaran dari rumah ke rumah, media sosial, secara keleuargaan alhamudillah hasilnya lumayan. Dari keuntungan juga sempat kita gunakan untuk bagi-bagi masker untuk masyarakat,” ungkapnya.

Untuk mendapatkan Si Jantan, bisa langung datang ke Desa Moyo atau menggubungi nomor Hp ibu Nevita 085338653223. Harganya sangat terjangkau, Rp. 12.000 per 125 gram. (KS/aly)