oleh

Dirut BAKTI Kominfo Kunjungi Desa Tepal

Sumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Achmad Latief kembali mengunjungi Desa Tepal Kecamatan Batulanteh Kabupaten Sumbawa, pada hari Rabu (30/09/2020). Pada kali kedua kunjungannya ini, Dirut BAKTI dibersamai oleh Pjs. Bupati Sumbawa Ir. Zainal Abidin, M.Si.

Turut mendampingi antara lain Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Kominfo, Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Badan Usaha BAKTI Kominfo, Kadis KISS, Kadis PUPR, Kadis PMD, yang mewakili Kadis Dukcapil, Sekcam Batulanteh dan Kepala Desa se Kecamatan Batulanteh Kabupaten Sumbawa.

iklan kampanye

Setelah menempuh perjalanan dengan menggunakan trail selama empat jam yang menguras andrenalin dari Kota Sumbawa Besar, rombongan Dirut BAKTI dan Pjs. Bupati Sumbawa tiba dan disambut dengan penyambutan Adat Tepal. Rombongan diarak dalam kampung dan berakhir di Aula Serba Guna Desa Tepal untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat.

Ali Amrullah, Kepala Desa Tepal menyampaikan ucapan selamat datang kepada Pjs. Bupati Sumbawa dan Dirut BAKTI dan seluruh rombongan yang telah menyempatkan diri mengunjungi salah satu wilayah terpencil di Kabupaten Sumbawa. Kepala Desa yang tergolong senior ini, mengharapkan kepada Kominfo agar internet segera terealisasi di Desa Tepal, mengingat kebutuhan anak-anak sekolah maupun lainnya.

Baca juga:  Sambut Wapres, TNI/POLRI Gelar Pasukan Pengamanan VVIP

“Pak Anang sudah dua kali datang ke Tepal, waktu itu bersama Pak Indra. Bahkan waktu saya diundang ke Kominfo saya diberi julukan Kades Digital oleh Pak Anang”, ujar Kades Ali sambil disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Demikian pula kepada Pjs. Bupati Sumbawa, mengharapkan agar penanganan dan pembangunan jalan dari Batudulang ke Tepal segera dilaksanakan mengingat selama ini jalan menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat dari Batulanteh ke Kota Sumbawa Besar.

Dalam sambutannya, Dirut BAKTI Anang Latief menyampaikan salam Menteri Kominfo RI John G. Plate kepada masyarakat Tepal dan Sumbawa umumnya.

Lebih lanjut, Anang mengatakan bahwa saat ini Kementerian Kominfo RI tengah mendorong menyelesaian infrastruktur telekomunikasi. Anang mengatakan bahwa di Desa Tepal ada tower Telkomsel namun belum bisa internet atau masih 2G.

“Saya sudah hubungi Telkomsel untuk selesaikan masalah ini. Sama seperti di Desa Tepal ini ada sekitar 200 lokasi di seluruh Indonesia yang yang harus diselesaikan oleh Telkomsel” ujar Anang.

Direncanakan sebelum akhir tahun ini, akan dibangun satu tower yang dapat menjangkau seluruh desa. BAKTI Kominfo juga menyediakan Akses Internet. “Terkait persoalan sinyal, kalau seluruh warga tidak kebagian artinya selesai. Semoga nantinya seluruh masyarakat Tepal akan dapat menikmati sebuah teknologi yang bermanfaat”, ujarnya.

Baca juga:  Tangani Banjir Di NTB, Wagub Bertemu Wapres

Dirut BAKTI juga berpesan kepada para pemuka masyarakat agar menjaga generasi muda dari bahaya internet. “Tolong dijaga anak-anak kita, karena internet ibarat pisau bermata dua. Bisa berbahaya tajam ke diri kita, tapi juga bisa bermanfaat secara positif”, harap pejabat low profile ini.

“Ketika kita pintar memanfaatkan internet, akan lahir talenta-talenta atau bakat dari Tepal ini”, pungkasnya.

Pjs. Bupati Sumbawa Ir. Zainal Abidin, M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Kerjasama Setda Provinsi ini menyampaikan apresiasi kepada Dirut BAKTI Kominfo yang telah perhatian untuk melengkapi infrastruktur telekomunikasi di Kabupaten Sumbawa.

Selain itu juga, disampaikannya terkait infrastruktur jalan, telah direncanakan oleh Pemerintah Provinsi NTB melalui APBD Perubahan 2020. Pjs. Bupati Sumbawa mengatakan bahwa direncanakan sekitar 9 Milyard Rupiah untuk menangani jalan di Batulanteh secara sporadis.

Pada kesempatan itu juga, Pjs. Bupati Sumbawa memberikan masker sebagai upaya penanganan Covid-19 secara massif, serta menyerahkan KTP-el secara simbolik melalui Kepala Desa Tepal, Tangkampulit, Baturotok, Batudulang dan perwakilan Desa Baodesa.