oleh

34 Orang Pelaku Usaha Ikuti Diklat Kewirausahaan Pemula

Sumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Pjs. Bupati Sumbawa, diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Sumbawa, L. Suharmaji, ST.MT., membuka secara resmi Diklat Kewirausahaan Digital Bagi Pelaku Usaha Pemula, yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sumbawa, di Aula H.

Madelaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Senin 28 September 2020.
Kegiatan Diklat yang diikuti 34 orang peserta, akan berlangsung selama 5 (lima) hari, dari tanggal 28 September s.d. 2 Oktober 2020 di Hotel Tambora Sumbawa Besar, dengan nara sumber Kadis Koperindag Kab. Sumbawa, WI Senior Baltkop NTB dan Dosen Universitas Teknologi Sumbawa.

iklan kampanye

Pjs. Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan, di era Asean Economic Community (AEC), UMKM dituntut untuk mampu bersaing, sebab Indonesia merupakan pasar yang besar dan diperebutkan oleh seluruh pelaku usaha di kawasan ASEAN. Untuk itu, Pjs Bupati berharap agar pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa, dapat memiliki daya saing yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

Baca juga:  Bupati Lepas Persisum U-15 untuk Bertanding di Jogjakarta

Dikatakan, para pelaku UMKM perlu terus diarahkan untuk mampu membangun usahanya menjadi lebih baik, sehingga mampu bertahan dan bersaing di era pasar bebas. Di Kabupaten Sumbawa, ungkapnya, UMKM memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi daerah.

“Selain memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, juga dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang relatif besar”, tegasnya.

Lebih jauh dijelaskan, kurangnya akses terhadap pasar, permodalan, pengembangan teknologi informasi dan pengembangan SDM, jaringan usaha dan sebagainya, akan berpengaruh pada rendahnya produktivitas dan daya saing UMKM.

“Mudah-mudahan ke depan, UMKM kita mampu meningkatkan kualitas produknya serta dapat berinovasi dalam membangun daya saing usaha, tentunya dengan memanfaatkan kegiatan diklat ini sebagai media pembelajaran, menambah wawasan, dan pengalaman usaha”, tutup Pjs Bupati.

Baca juga:  Tenaga Honorer K2 Demo Menuntut Nasib Mereka