oleh

Bupati Sumbawa Launching Aplikasi SIMALAR

Sumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Bupati Sumbawa diwakili Kabag Pembangunan, melaunching Pembayaran Online dan aplikasi Sistem Informasi Manajeman Pelanggan Air (SIMALAR) Perumda Air Minum Batulanteh, Kabupaten Sumbawa, Sabtu (19/09/2020) pagi.

Acara yang digelar di Halaman Kantor Pusat Perumdan Batulanteh ini dihadiri oleh Ketua PKK Kabupaten Sumbawa, Kapolres, Dandim, Dewan Pengawas, Kepala Cabang BRI, Anggota DPRD, Ketua PWI, Camat, Kades Pungka, serta Toko Masyarakat.

iklan kampanye

Bupati Sumbawa, dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Kabag Pembangunan Setda Sumbawa, Usman Yusuf mengucapkan selamat atas dilaunchinganya pembayaran online dan aplikasi SIMALAR.

Bupati berharap, nanti aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat serta dapat meminimalisir tunggakan pembayaran bulanan, sekaligus dapat mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Sumbawa.

Bupati juga berharap, dengan adanya aplikasi SIMALAR ini, masyarakat akan mengetahui segala informasi terkait pelayanan Perumda Batulanteh, termasuk cek tagihan dan melakukan pembayaran secara online.

Kedepan, diharapkan juga agar Perumda Batulanteh dapat meningkatkan sistem yang dilakukan, terutama memperkuat aplikasi untuk memantau kewajiban para pelanggan, baik yang telah melakukan pembayaran atau yang masih menunggak. “saya sangat mengharapkan komitmen dan kinerja nyata seluruh sumber daya yang ada di Perumda Batunlanteh, sehingga layanan publik yang diberikan dapat ditingkatkan,” tutup Bupati.

Baca juga:  Kekeringan di Sumbawa Meluas, Ratusan Hektar Sawah Gagal Panen

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Air Minum Batulanteh, Kabupaten Sumbawa Juniardi Akhir Putra, ST, S.ST, M.Kom., menyampaikan, Perumda Batulanteh saat ini menjadi penyedia air minum yang mandiri berdaya saing terutama mengutamakan pelayanan prima berbasis teknologi.

“Dalam melakukan inovasi selama kami menjabat, ada beberapa trobosan yang kami lakukan. Terutama dalam pengaturan manajeman dan sistem informasi kepada pelanggan yang lebih responsif menyambut era 4.0,” ungkapnya.

Beberapa inovasi dimaksud lanjutnya, mengeluarkan beberapa aplikasi dan telah uji coba seperti Simpai Batulanteh Mobile. Aplikasi ini jelasnya, mencatat water meter yang ada dipelanggan sehingga keakuratan pencatatan water meter tersebut bisa dipertanggung jawabkan. “Itu aplikasi android yang digunakan oleh petugas kami sebagai pencatat meter,” ungkapnya.

Baca juga:  NTB Produksi Cold Storage Tenaga Surya

Selanjutnya lanjut Juniardi, pihaknya berekjasama dengan penyedia layanan pembayaran online, seperti Toko Pedia, Buka Lapak, serta Indomaret untuk memudahkan pelanggan melakukan pembayaran. Saat ini sedang proses aktifasi. Diperkirakan awal bulan Oktober sudah bisa digunakan. “Insyaa Allah awal bulan ini sudah bisa menggunakan pembayaran online melalui indomaret dan buka lapak,” harapnya.

Kemudian lanjutnya, pihaknya juga menyediakan sistem aplikasi terpadu yang diberi nama SIMALAR atau Sistem Informasi Manajeman Pelanggan Air. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut pelangga bisa mengunduh secara gratis di Play Store. Pada aplikasi SIMALAR ini, pelanggan bisa mengangses beberapa menu yang disediakan seperti Cek Tagihan, Informasi Pelanggan, Keluhan Pelanggan, Agen POPP, Berita, Loket Pembayaran dan Kalkulator Air.

“Kami terus berupaya mendekatkan diri dengan pelanggan. Kami juga mencoba mencari sumber air baku yang lain sehingga dapat untuk menjami baik dari kualitas, kuantitas, dan berkelanjutan air untuk pelanggan di Sumbawa,” pungkasnya. (KS/aly)