oleh

Pilkada Sumbawa, Lima Bapaslon Resmi Mendaftar ke KPU

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Hingga hari terakhit pednaftaran, Minggu (06/09/2020) kemarin, sebanyak lima Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Buphati dan Wakil Bupati Sumbawa, resmi medaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Empat Bapaslon dari gabungan Partai Politik dan Satu Bapaslon jalur perseorangan.

Lima Bapaslon dimaksud yakni, Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dengan Dewi Noviany, M.Pd diusung oleh tiga partai pengusung yakni PKS, Golkar, dan Nasdem. Dengan tolal kursi sebanyak 12 kursi DPRD. Mereka mendaftar di hari pertama pada pukul 09.00 wita.

iklan kampanye

Di juga mendaftar Bapaslon jalun perseorangan yakni Ir. H. Talifuddin, M.Si dengan Sudirman, S.Ip. pasangan ini datang ke KPU Sumbawa sekitar pukul 14.00 wita diantar oleh relawannya yang menyebut dirinya sebagai relawan rakyat. Berkasnya dinyatakan lengkap dan sah dengan jumlah dukungan 30.233.

Baca juga:  KPU Sumbawa Laksanakan Bimtek Pemutahiran Data Pemilih

Selanjutnya di hari terakhir pendaftaran, 06 September 2020, terdapat Tiga Bapaslon mendaftar di KPU Sumbawa. Yakni, Bapaslon H. M. Husni Djibril, B.Sc dengan Dr, H. Muhammad Ikhsan, M.Pd. Pasangan ini diusung oleh Tiga parpol yakni PDIP, PAN dan PKB, dengan totol kursi sebanyak 14 kursi DPRD. Berkas pendaftaran pasangan ini diterima oleh KPU sekitar pukul 10,00 wita.

Kemudian dikuti oleh Bapaslon Nurdin Ranggabarani, SH, MH dengan H. Burhanuddin Jafar Salam, SH, MH mendaftar di KPU pada pukul 13.00 wita. Pasangan ini diusung oleh dua parpol yakni PPP, Dekokrat dengan total 9 kursi dan Geloga Indonesia sebagai partai pendukung.

Baca juga:  Pastikan DPT Berkualitas, KPU Sumbawa Bentuk PPDP

Bapaslon Ir. H. Syarafuddin Jarot, MP dengan Ir. H. Mokhlis, M.Si, adalah pasangan terakhir yang mendaftar di KPU Sumbawa. Pasangan ini mendaftar sekitar pukul 14.00 wita. Paslon ini diusung oleh Empat Patpol yakni Gerindra, Hanura, PKPI dan Berkarya dengan jumlah 10 kursi DPRD.

Ketua KPU Sumbawa, Muhammad Wildan, M.Pd mengatakan, tahap berikutnya adalah verifikasi syarat calon. Ini dilakukan mulai tanggal 06 hingga 12 September 2020.

Selanjutnya diumumkan, apabila ada kekuragan, maka Bapaslon harus melengkapi berkasnya pada masa perbaikan yakni tanggal 14-16 September. Dilakukan verifikasi kembali. Terakhir ditetapkan sebagai Pasangan Calon (Paslon) pada tanggal 23 September 2020 mendatang. (KS/aly)