oleh

Berkas Pendaftaran Dua Bakal Pasangan Calon Diterima KPU

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbawa tahun 2020, memasuki tahapan pendaftaran bakal pasangan calon. Hari pertama pendaftaran, Jum’at (04/09/2020), dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) resmi mendaftarankan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Kedua pasangan tersebut adalah pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah dan Dewi Noviany, S.Pd, M.Pd dan bakal pasangan calon jalur perseorangan Ir. H. Talifuddin, M.Si dan Sudirman, S.IP.

iklan kampanye

Masing-masing bakal pasangan calon datang mendaftar ke KPU Sumbawa didampingi oleh Tim dan relawannya. Pada pendaftaran tersebut, pasangan Mo-Novi diusung oleh tiga partai yakni PKS, Golkar, dan Nasdem. Sementara PKB dikabarkan menarik diri dari Koalisi Mo-Novi.

Baca juga:  Sumbawa Deklarasi Pilkada Damai Terapkan Protokol Kesehatan

Ketua KPU Sumbawa, Muhammad Wildan, M.Pd, diwawancarai usai kegiatan mengatakan, hari pertama, terdapat dua bakal pasangan calon yang mendaftarkan diri ke KPU.

“Pertama bakal pasangan calon Mo – Novi. Tadi di pukul 09.40 wita kami terima pendaftarannya. Kedua, bakal pasangan calon Talif – Sudir, kami terima pukul 15.00 wita,” ungkapnya.

Setelah dilakukan verifikasi baik persyaratan pencalonan maupun persyaratan calon, kedua berkas pendaftaran kedua bakal pasangan calon dinyatakan lengkap dan sah.

“Jadi dua-duanya kami nyatakan diterima. Pasangan calon dinyatakan diterima kami berikan surat pengantar untuk cek kesehatan di Rumah Sakit Provinsi di Sumbawa,” jelasnya.

Baca juga:  Kapolda NTB Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Aman dan Kondusif

Lanjut Wildan, tahap selanjutnya adalah verifikasi Dan kami masukan ke tahapan berikutnya adalah tahapan verifikasi syarat calon mulai tanggal 6 sampai 12 September.

Setelah itu diumumkan lanjutnya, diberikan hasilnya kepada Bapaslon. Apabila ada kekurangan, maka bapaslon wajib menyerahkan kepada kami pada masa perbaikan mulai tanggal 14 – 16September.

“Berkas berbaikan tersebut juga akan dilakukan verifikasi kembali dan akan ditetapkan pada tanggal 23 September tahun 2020 berdasarkan juga dengan hasil kesehatannya,” pungkasnya. (KS/aly)