oleh

Inovasi Kampung Sehat, Kapolda NTB Apresiasi Pemda KSB dan Polres KSB

Sumbawa Barat, KabarSumbawa.com – Kepala Kepolisian Daerah NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inovasi Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) bersama Kapolres, Dandim beserta jajarannya atas inovasi penyelengaraan kampung sehat di Kabupaten Sumbawa Barat. Hal tersebut disampaikan pada saat rapat koordinasi virtual yang digelar oleh Polda NTB bersama tiga Pemerintah Daerah (Sumbawa Barat, Sumbawa, dan Dompu) masing-masing bersama Kapolres, dan Dandim. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Komandan Resort Militer Korem 162/WB dan Wakapolda beserta jajaran.

Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST memaparkan tentang kondisi terakhir Covid-19 di Sumbawa Barat . Beliau menyampaikan bahwa hingga saat ini KSB Tercatat sebanyak 28 pasien yang dinyatakan positif Covid-19, 25 orang sembuh, 2 orang suspect, dan 1 orang berada di Rumah Sakit Lalu manambai Sumbawa.

iklan

Berkat kerjasama semua pihak, Covid-19 di KSB mampu tertangani dengan baik, dan oleh karenya KSB telah melakukan berbagai langkah-langkah dalam menangani berbagai persoalan sosial ekonomi didalam masyarakat seperti contohnya di bidang pariwasata, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah membuka destinasi wisata mulai 1 Juli 2020, yang dimulai dengan melaunching aktivitas wisata di desa Wisata mantar. Dengan begitu lokasi wisata sudah boleh dikunjungi tetapi dengan tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga:  Dana Stimulan Korban Kebakaran Baturotok, 15 Juta Per Rumah

Dibidang sosial dan ekonomi Pemerintah bersama Polres dan Dandim juga turun ke lapangan, menertibkan pasar dengan menempatkan petugas yang mengontrol masyarakat yang berkunjung ke pasar agar menggunakan masker, dilengkapi dengan thermo gun untuk mengukur suhu tubuh semua pengunjung. Di bidang keternagakerjaan khususnya di wiayah tambang, PT.AMNT telah menetapkan standar kesehatan yang cukup ketat.

Terkait lomba kampung sehat, wabup menjelaskan bahwa Penyelenggaraan Lomba Kampung Sehat di Kabupaten Sumbawa Barat mendapatkan dukungan yang luar biasa dari masyarakat. Penyelenggaraannya bahkan mengalahkan pelaksanaan lomba desa. Jalan lingkungan tertata rapi, banyak kita temui tanaman yang indah-indah, lampu hias dan berbagai pernak-pernik hiasan lainnya. Kekompakan masyarakat dapat dilihat dengan semangat gotong royong dalam membenahi desa dan kelurahnnya masing-masing. Terang wabup

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, H. Abdul Azis, S.H. M.H., berkesempatan menambah pemaparan dari Wabup. Sekda menyampaikan bahwa dalam tiga hingga empat bulan terakhir, sebagian masyarakat sudah mulai merasa jenuh dengan kondisi yang ada akibat Covid-19. Syukurlah dengan adanya penyelenggaraan Lomba Kampung sehat, masyarakat bersama pemerintah mendapatkan suasana baru dalam kehidupan sosial masyarakat. Sebanyak 67 Desa, 7 kelurahan, dan 8 kecamatan turut mengambil bagian dalam pelaksanaan Lomba Kampung Sehat tersebut. Pelaksanaan kegiatan telah diawali dari sejak tanggal 15 juli 2020 hingga 1 agustus 2020 ditingkat kecamatan.

Baca juga:  Hebat !!! Sumbawa Raih WTP Keenam Kalinya  

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Sekda mengungkapkan bahwa, yang terpenting dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah menjadikan peran aktif masyarakat sebagai kunci, sementara Pemerintah hanya berperan sebagai fasiltator dan mediator dalam pelaksanaan kegiatan. Imbas dari kegiatan tersebut ternyata berpengaruh positif terhadap penanganan Covid 19 di KSB. Ini terlihat dari grafik penularan covid menurun, aktiftas perekonkmian masyarakat tetap berjalan, tindak kriminal tidak ada. Pemda KSB telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan tersebut sebesar Rp. 400.000.000. Demikian juga terkait dengan implementasi Impress no 06 tahun 2020 tentang Penegakan Hukum dan Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat bersama Kapolres dan Dandim telah mempersipakan berbagai perangkat pelaksanaanya untuk selanjutnya akan diterapkan ditengah-tengah masyarakat”, terang Sekda.(*)