oleh

Pembangunan Blok A Pasar Seketeng Capai 29 Persen

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pengerjaan pembangunan gedung blok A Pasar Seketeng, dijadwalkan rampang pada bulan Desember mendatang. Hingga minggu ke 12, progres pengerjaannya mencapai 29 persen. Jumlah ini melebih progres yang ditargerkan yakni 25 persen.

“Untuk pasar seketeng sampai minggu ke 12 ini, sudah 29 persen. Deviasi sekarang positif 4 persen dari target. Melebihi dari target 25 persen,” kata Kepala Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumbawa, Janatulfalah, S.AP, Selasa (25/08/2020) kepada wartawan di ruang kerjanya.

iklan

Dikatakan, progres 29 persen tersebut seperti Pondasi, Tiang, krangka untuk slop atas telah terpasang. “Nanti pada saat minggu ke 13 14 baru akan melonjak lebih besar karena lantai Ii sudah dicor. Minggu ini pemasangan bondek untuk yang di depan. Tinggal yang sebelah selatan.

Melihat dari progres tersebut, pihaknya optimis pengerjaan akan rampung tepat waktu yakni bulan Desember mendatang. Sebab, kata dia sebua bahah sudah ada dilokasi. Tinggal dikerjakan saja. Menurutnya, tidak ada perkjaan yang cukup berat pada pembanganan blok A ini. Sebab, tidak ada pembuatan meja seperti pada blok B dan C.

Baca juga:  KPU Sumbawa Tetapkan Syarat Minimal Dukungan Calon Perseorangan

“Optimis. Kalau dari progres karena bahan semuanya sudah di lokasi. Diperkirakan pertengahan bulan 9 sudah lantai II, terus pasang yang atas. Jadi pertengahan bulan 10 kerangka baja. Akhir bulan 10 selesai atapnya target mereka. Sekarang tidak ada pembuatan meja itu yang lama. Kalau sekarang kios semua. Gedung blok A untuk pedagang konveksi, emas, ada juga peralatan rumah tangga. Yang jelas tidak ada sayur, ikan dan daging. Yang ada kuliner 30 kios,” terangnya.

Terhadap pembangunan ini, pihaknya melakukan evaluasi satu minggi sekali. Hasilnya, pihaknya meminta kepada pelaksana untuk menambah tenaga untuk lebih mempercepat pengerjaan.

Baca juga:  KAMMI Gelar Aksi Solidaritas Untuk Idlib Suriah

“Evaluasi progres setiap minggu setiap kamis atau jumat. Sekarang tidak ada yang berat. Karena ipal sudah selesai. Cuma sekarang paling di finishing seperti pengecatan yang berat. Karena kalau dulu banyak los, sekarang tembok semua. Penekanan kami ke pelaksana menambah tenaga. Supaya progresnya lebih cepat. Karena tenaga yang ada sekitar 160 orang,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk relokasi pedadang dari Pasar Temporer Kerato ke Pasar Seketeng, direncakan pada tahun 2021 mendatang. Diupayakan, penyerahan dari rekanan ke Pemda dilakukan pada tanggal 22 Januari yakni bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa ke 62. “Mudah-mudahan lancar sesuai rencana,” pungkasnya. (KS/aly)

iklan