oleh

TPA Raberas Terima Puluhan Ribu Kubik Sampah Per Hari

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Permasalahan sampah masih menjadi Pekrjaan Rumah (PR) bagi Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Raberas, diperkirakan satu tahun ke depan sudah penuh bahkan overload.

“Kondisi TPA Raberas tahun depan sudah full. Tadi malam petugas lembur berasama alat berat melakukan penataan menyiasati ruang sampah. Disana terlalu banyak. Terjadi permentasi dibawah bisa menimbulkan gas, kebakaran. Sehingga dikasih longgar supaya ada udarah,” kata Kepala Bidang Pengelohan Sampah dan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa, Muhammad Fauzi, Senin (24/08/2020) di ruang kerjanya.

iklan

Dikatakan, TPA raberas melayani sampah dari beberapa Kecamatan, seprti Kacamatan Unter Iwes, Labuhan Badas, Moyo Utara dan Sumbawa. Setiap harinya sebanyak puluhan ribu kubik sampah masuk ke TPA Raberas.

Baca juga:  119 Desa Akan Laksanakan Pilkades Serentak Tahun 2020

“Dari armada yang ada 12 truk, 6 amrol. Satu hari dua kali pelayanan, satu truk kapasitas 6 kubik sampah. Kalau amrol 4 kubik sampah. Satu hari bisa 82.000 kubik sampah per hari masuk ke TPA Raberas,” jelasnya kepada wartawan.

Terhadap hal ini, menurutnya diperlukan kesedaran masyarakat terhadap adanya upaya pengolahan sampah ditingkat rumah tangga. Selama ini, sebagai besar sampah yang masuk ke TPA Raberas tanpan ada yang diolah.

“Harus ada kesadaran masyarakat dan ada upaya pengolahan sampah ditingkat rumah tangga supaya bisa memperkecil permasalahan sampah. Karena selama ini semua sampah lari ke TPA tanpa ada yang diolah. Bank sampah juga belum maksimal. 14 unit. Sebagian aktif dan sebagai tidak aktif,” pungkasnya. (KS/aly)

iklan