oleh

Dukung Ketahanan Pangan, PD Salimah Sumbawa Berbagi Bibit Tanaman

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – PD Salimah Sumbawa, berbagi bibit tanaman secara gratis kepada warga masyarakat Sumbawa, Minggu, (23/08/2020). Kegiatan dipusatkan di Taman Mangga Kota Sumbawa.

Ratusan jenis bibit tanaman dikumpulkan dari donasi para anggota Salimah dan mitra. Jenis bibit yang dibagikan berupa tanaman rempah, tanaman obat, bumbu dapur, bunga, buah dan sayuran, seperti alpukat, rambutan, tomat, cabai, mint, miana, sedap malam dan masih banyak lagi.

iklan kampanye

Kegiatan ini sangat diminati, terlihat dari antusiasme masyarakat yang datang mengambil bibit tanaman. Tidak sampai satu jam ratusan bibit tanaman yang tersedia habis tidak tersisa.
Masyarakat sangat berterima kasih atas pembagian bibit ini.

Baca juga:  Sinergitas TNI dan Masyarakat Bangun Masjid di Desa Lito

Menurut Rohani, selaku ketua PD Salimah Sumbawa, kegiatan ini akan berkelanjutan diadakan dengan tujuan agar masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah dengan merawat tanaman yang bermanfaat, sehingga dampak lainnya bisa mengurangi penyebaran covid 19 dan juga pada akhirnya masyarakat mempunyai sumber pangan yang ada di rumahnya.

Ia berharap masyarakat bisa mengoptimalkan pemanfaatan lahan atau pekarangan kosong yang dimiliki. Lahan yang selama ini tidak dimanfaatkan bisa digunakan untuk ketahanan dan ketersedian pangan bagi keluarga dan lingkungan sekitar.

Selain untuk ketahanan pangan, pembagian bibit juga bertujuan untuk merangsang kemauan masyarakat agar kembali bercocok tanam khususnya para ibu-ibu.

Baca juga:  Giliran Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Dibersihkan

Adanya wabah saat ini, justru semakin meningkatkan potensi dan semangat para ibu-ibu untuk bercocok tanam karena mereka membutuhkan banyak aktivitas selama diam di rumah saja.

“Harapan kami, kegiatan pembagian gratis ini bisa mendidik masyarakat. Bahwa kebutuhan sehari-hari ini pada dasarnya bisa diciptakan sendiri, tidak harus membeli. Semoga bibit yang dibagikan bisa membantu meringankan masyarakat,” kata Rohani. (KS)