oleh

Detik-detik Proklamasi di Bukit Semama Desa Rarak Ronges

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sejumlah mahasiswa Universitas Cordova (UNDOVA) menggelar upcara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 75 Tahun 2020, di puncak bukit Semama, Desa Rarak Ronges, Kecamatan Berang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Upacara 17 Agustus tersebut diikuti oleh Mahasiswa, Pemerintah Desa, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Babinsa, Bhabinkamtibmas, masyarakat se-Desa Rerak Ronges.

iklan kampanye
Pembacaan teks proklamasi oleh Sekde Rarak Ronges

Bertindak sebagai insperktur upacara Sekretaris Desa (Sekdes) Burhanudin. Sementara komendan upacara adalah Budi Hartono yang juga ketua pelaksana kegaiatan tersebut. Upacara menerpakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Meksi digelar ditengah pandemi Covid-19, upacara peringatan detik-detik proklamasi tersebut begitu khidmat. Sang Saka Merah Putih berkibar dengan sempurna diujung tiang bendara diatas Bukit Samama.

“kami mahasiswa Universitas Cordova melaksanakan dalam rangka hari kemerdekaan indonesia. Yang mana kami tidak laksanakan di lokasi yang seperti pada umumnya, akan tetapi lokasinya di Puncak Bukit Samama, Desa Rarak Ronges,” kata Budi Hartono Ketua Pelaksana kegiatan.

Baca juga:  Kanit PPA Polres Sumbawa Beri Pemahaman Hukum Pada Pelajar

Dikatakan, melalui momentum HUT RI ke 75 ini selain untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia, juga untuk memberitahukan kepada khalayak ramai bahwa di ujung timur KSB terdapat surga yakni Desa Rarak Ronges. Atas dasar itu, Bukit Samama dipilih sebagai lokasi upacara.

Menurutnya, banyak potensi-potensi yang sangat bisa dikembangkan atau dikelola oleh Pemerintah di Desa ini. Misalnya dalam bidang Agribisnis, Wisata, Kesenian, Keragaman Budaya, Adat ataupun dalam bidang lainnya. Terlebih desa ini memiliki keunggulan sebagai penghasil kopi berkualitas, serta objek wisata seperti air terjun Ai Putih dan Bukit Samama yang siap mendunia.

Ia menegaskan, pendemi Covid-19 tidak menjadi hambatan bagi mahasiswa Undova untuk menyalurkan sedikit semangat kapada masyarakat setempat untuk tetap kreatif dan berkarya.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Barat, Lepas dan Berangkatkan 87 Jamaah Calon Haji

“Perjuangan kami lakukan bersama-sama dengan sebagian mahasiswa universitas cordova dan masyarakat setempat. Kepada masyarakat, agar tidak meratapi keterpurukan dengan pandemi ini. Tetapi dengan tetap menekankan protokol covid-19. Kami mahasiswa universitas cordova menjuliki Desa ini sebagai Surga kecil KSB,” pungkasnya.

Foto bersama usai upacara

Untuk dikatahui, Bukit Semama merupakan sebuah bukit biasa yang berada di lokasi perswahan Desa Rarak Ronges. Kemudian oleh para warga setempat disulap menjadi sebuah objek wisata yang begitu indah. Objek wisata yang masih perawan ini, mulai ramai dikunjugi oleh wisatawan.

Dibukit ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah terlebih jika berkunjung sore hari. Semabil menikmati pemandangan, pengunjung bisa menyeruput nikmatnya kopi Rarak. Masyarakat setempat meyakini objek wisata ini siap mendunia. (KS/aly)