1.200 Ton Beras Sumbawa Bakal Dikirim ke Sumatera Utara

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 1.200 ton beras Sumbawa akan dikirim ke wilayah Sumatera Utara (Sumut). Pengiriman ini merupakan untuk kedua kalinya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Kantor Cabang Perum Bulog Sub Divre Sumbawa, Kurnia Rahmawati, S.TP, kepada wartawan, Senin (10/08/2020) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, dalam bulan Agustus 2020 ini, Bulog Sumbawa berencana mengirim beras atau Moveoutnas sebanyak 4.450 ton. Sebanyak 3.250 ton ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan 1.200 ton ke Provinsi Sumatera Utara.

“Ini kedua kalinya pengiriman ke Sumut. Pertama sekitar tahun 2000-an. Sekrang lagi, karena ada permintaan dari sana. Beras kita ini terkenal bagus kualitasnya sehingga ada permintaan bukan hanya dari Kanwil wilayah timur tetapi juga di wilayah Barat,” terangnya.

Lanjutnya, 1.200 ton beras tersebut bakal dikirim ke empat Wilayah di Sumut. Yakni, Kota Pematang Siantar, Kisaran Kota, Kota Sibolga, dan Padang Sidempuan. Saat ini sedang mempersiapkan anggutan melalui Pelabuhan Badas.

Hingga bulan Juli kemarin lanjutnya, Bulog Sumbawa telah melakukan Moveoutnas sebanyak 9.500 ton beras ke luar daerah. Jika ditambah dengan rencana pengiriman 4.450 ton ini, maka total keseluruhan menjadi 13.950 ton.

Nia sapaan akrabnya menambahkan, beras Sumbawa memungkinkan untuk dikirim ke Pulau Jawa. Sebab kata dia, dilihat dari angka pencapaian serapan seluruh Indonesia, saat ini masih belum mencapai target. Terlebih lagi banyaknya kebutuhan beras untuk program bantuan Covid-19 yang sangat tinggi, sehingga permintaan beras sangat banyak. “Sebagai contoh kemarin untuk bantuan presiden sebanyak 2.250 ton dari Sumbawa,” ungkapnya.

Untuk diketahui, stok beras di empat gudang Bulog Sumbawa dalam kondisi aman yakni sebanyak 18.000 ton. Jumlah tersebut diperkirakan cukup untuk kebutuhan 30 bulan ke depan. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

Kabarsumbawa.com - Selama periode arus mudik tanggal 25 Maret...

Masa Idul Fitri, Pertamina Patra Niaga Siapkan 250 Ribu Tabung LPG di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Guna menambah rasa aman dan nyaman...

Pertamina Patra Niaga Bersama BPH Migas dan ESDM Pastikan Kesiapan Energi Jelang Idulfitri di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka memantau kesiapan dan kehandalan...

Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran Energi Tetap Aman Pasca Gempa di Dompu

Dompu, Kabarsumbawa.com – Pasca Gempa Bumi bermagnitude 5,2 SR...