oleh

1.200 Ton Beras Sumbawa Bakal Dikirim ke Sumatera Utara

-Ekonomi-70 views

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 1.200 ton beras Sumbawa akan dikirim ke wilayah Sumatera Utara (Sumut). Pengiriman ini merupakan untuk kedua kalinya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Kantor Cabang Perum Bulog Sub Divre Sumbawa, Kurnia Rahmawati, S.TP, kepada wartawan, Senin (10/08/2020) di ruang kerjanya.

iklan

Dijelaskan, dalam bulan Agustus 2020 ini, Bulog Sumbawa berencana mengirim beras atau Moveoutnas sebanyak 4.450 ton. Sebanyak 3.250 ton ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan 1.200 ton ke Provinsi Sumatera Utara.

“Ini kedua kalinya pengiriman ke Sumut. Pertama sekitar tahun 2000-an. Sekrang lagi, karena ada permintaan dari sana. Beras kita ini terkenal bagus kualitasnya sehingga ada permintaan bukan hanya dari Kanwil wilayah timur tetapi juga di wilayah Barat,” terangnya.

Baca juga:  Dirut : Perusda Butuh Kepercayaan dan Dukungan Modal

Lanjutnya, 1.200 ton beras tersebut bakal dikirim ke empat Wilayah di Sumut. Yakni, Kota Pematang Siantar, Kisaran Kota, Kota Sibolga, dan Padang Sidempuan. Saat ini sedang mempersiapkan anggutan melalui Pelabuhan Badas.

Hingga bulan Juli kemarin lanjutnya, Bulog Sumbawa telah melakukan Moveoutnas sebanyak 9.500 ton beras ke luar daerah. Jika ditambah dengan rencana pengiriman 4.450 ton ini, maka total keseluruhan menjadi 13.950 ton.

Nia sapaan akrabnya menambahkan, beras Sumbawa memungkinkan untuk dikirim ke Pulau Jawa. Sebab kata dia, dilihat dari angka pencapaian serapan seluruh Indonesia, saat ini masih belum mencapai target. Terlebih lagi banyaknya kebutuhan beras untuk program bantuan Covid-19 yang sangat tinggi, sehingga permintaan beras sangat banyak. “Sebagai contoh kemarin untuk bantuan presiden sebanyak 2.250 ton dari Sumbawa,” ungkapnya.

Baca juga:  Pameran Batu Akik Meriahkan HUT Kabupaten Sumbawa

Untuk diketahui, stok beras di empat gudang Bulog Sumbawa dalam kondisi aman yakni sebanyak 18.000 ton. Jumlah tersebut diperkirakan cukup untuk kebutuhan 30 bulan ke depan. (KS/aly)