Sinergi Diskominfotik Sumbawa dan BRI Dukung Transformasi Digital

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pandemi mengharuskan semua berpikir dan bertindak kreatif. Aktivitas masyarakat dan ekonomi harus tetap berjalan dan aman Covid-19. Untuk itu diperlukan sentuhan digital dalam beraktivitas, tranformasi menjadi kebutuhan untuk dilakukan percepatan dalam pengaplikasiannya.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Sumbawa Rachman Ansori ketika menerima kunjungan Relationship Manager Program, BRI Cabang Sumbawa Yudisuhadi Saputra pada Jum’at pagi (7/8/2020) di ruang kerjanya.

Yudi menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah rangkaian dari Program BRI Cabang Sumbawa dalam mewujudkan dan mendukung Pemkab Sumbawa melalui program transaksi e-money seperti arahan Kementerian Keuangan RI.

“Kami telah melakukan beberapa rangkaian pertemuan antara lain dengan Bapenda, Bappeda dan nanti siang direncanakan akan diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan”, ujar Yudi. Pertemuan ini adalah tindak lanjut pertemuan dengan Bapenda Kabupaten Sumbawa dalam penerapan digitalisasi pasar di masa pandemic Covid-19 bekerjasama dengan BRI Cabang Sumbawa Besar.

Lebih lanjut, Yudi menjelaskan bahwa BRI memiliki program terdepan mendorong pemerintahan “Kota Pintar” Smart City dengan pembayaran digital non tunai yang akan dimulai di Pasar Seketeng setelah kembali dioperasionalkan di 2021 mendatang. Kerjasama ini nantinya akan meliputi pembayaran parker cashless dengan menggunakan BRIZZI, Kartu Debet dan Gadget, pembayaran retribusi sewa petak los secara digital melalui Aplikasi Brismarbilling.

Demikian juga BRI mendorong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Sumbawa agar bertahan dan berkembang ditengah Pandemi dengan mensinergikan 3 ekosisitem yaitu ekosistem Pasar, ekosistem Digital dan ekosistem Desa. Dalam mendukung Ekosistem Desa, BRI akan mendukung memberdayaan ekonomi Digital melalui pengembangan cluster dan produk unggulan desa dan BUMDes. Sedangkan dalam mempercepat digitalisasi, BRI menyiapkan infrastruktur teknologi informasi yang berupa apliakasi, marketplace, Buka Rekening Jaman Now, Edukasi dan lainnya.

Rachman Ansori menyampaikan dukungan kepada program BRI ini, karena akan memudahkan bagi masyarakat untuk bertransaksi dengan pola Aman Covid-19. Dan juga program ini akan menjadi salah satu supporting point pada aspek Smart Governance dan Smart Economy dalam aktivitas masyarakat Kota Pintar.

Selain keuntungan dkemudahan dalam bertransaksi, Ansori mengatakan penting untuk memperhatikan data masyarakat yang menjadi bagian dari program ini, khususnya pengamanan data kependudukan yang saat ini menjadi salah satu prioritas insan IT untuk memproteksi agar tidak disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kami siap mendukung dan mengelaborasikan dalam system dashboard terintegrasi yang tiap saat dapat dimonitor oleh Pimpinan Daerah dan OPD terkait, sehingga memudahkan bagi pimpinan dalam pengambilan kebijakan ekonomi yang cepat dan tepat”, ujar Ansori.

Lebih lanjut, Ansori mengatakan bahwa Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa akan menyiapkan instrument dan metode sosialisasi setelah ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara BRI dengan Bupati Sumbawa. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Indosat Berkah Ramadan 2024 : Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau...

24 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa Terjangkau Sinyal Seluler dan Internet

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 24 kecamatan di Kabupaten Sumbawa...

Indosat Ooredoo Hutchison Catatkan Momentum Pertumbuhan Yang Solid Di Seluruh Lini Bisnis

Jakarta, Kabarsumbawa.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) ("Indosat",...

PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK PREDIKSI CURAH HUJAN TAHUN 2024 DI KABUPATEN SUMBAWA

Oleh: Hayatun Nufus, Romi Aprianto, M.Sc., Syarif Fitriyanto, M.Pd. Sumbawa...