oleh

Siswa SMAIT Samawa Raih Prestasi di Ajang Internasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – SMA IT Samawa Cendekia Kabupaten Sumbawa mencatat prestasi yang membanggakan di level Internasional.

Di ajang Global Youth Science and Technology Bowl 2020, yang diselenggarakan secara online di Hongkong, sekolah yang baru berusia dua tahun ini, berhasil meraih predikat sebagai Honorable Mention.

iklan kampanye

Tim SMA IT Samawa Cendekia terdiri dari Husnia Azriani, Hadil Hudati Awweri Rameci, dan Dema Ratu Zulfiah berhasil meraih penghargaan dengan judul penelitian Potential Scrubbing Mangrove Seeds Xylacarpus Molucensis on Wooden Veesels as a Method of Reducing Population Density of T. Navalis Shipworm. Peneliti muda SMA IT Samawa Cendekia ini meneliti tentang pengaruh biji bakau untuk mengurangi ulat kapal yang merusak badan kapal kayu.

Baca juga:  Di Tengah Pandemi, Dosen UNSA Raih Hibah dari Kemenristek/BRIN

Ajang bergengsi tingkat dunia kali ini diikuti oleh 475 peserta dari seluruh dunia. Kegiatan ini adalah agenda rutin yang mempertemukan peneliti muda dari seluruh dunia dan bergengsi.

Kepala Sekolah SMAIT Samawa Cendekia, Muslim, Selasa (04/08/2020) mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh siswanya.

“Sekolah kami ini baru terbentuk 2 tahun, namun sudah mengukir prestasi yang mengharumkan nama Sumbawa, NTB bahkan Indonesia,” ucapnya bahagia.

Dengan raihan juara ini lanjutnya, bertambah lagi prestasi yang telah diraih oleh SMA IT Samawa Cendekia yang berada dibawah naungan Sekolah Islam Terpadu Samawa Cendekia.

“walaupun sekolah ini masih baru, namun telah mampu mencetak prestasi-prestasi membanggakan nama sekolah, daerah, nasional dan internasional,” terangnya.

Baca juga:  14 Siswa Penerima Beasiswa Ke China Resmi Dilepas Keberangkatannya

Terpisah, Direktur SIT Samawa Cendekia Sambirang Ahmadi, M.Si, menyampaikan, prestasi ini sangat membanggalan. Kurun waktu 2 tahun terkhir ini, SMAIT Samawa telah meraih banyak prestasi. Hal ini menunjukan jika SMAIT Samawa mampu bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan lainnya, meski umurnya baru seumur jagung.

“Terima kasih kepada ustad dan ustazah yang mampu memberikan bimbingan kepada anak-anak SMA IT sehingga mampu meraih prestasi yang sangat bergengsi ini,” pungkasnya. (KS/aly)