oleh

Pastikan Hewan Qurban Sehat, 191 Petugas Kesehatan Disiapkan

-Kesehatan-49 views

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) menyiapkan 191 petugas kesehatan Hewan, menghadapi hari raya Raya Idul Adha tahun 2020. Hal ini dilakuakn untuk memastikan hewan qurban disembelih dalam keadaan sehat dan layak dikonsumsi masyarakat.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa, H. Junaidi, S.Pt, didampingi oleh drh. Edi Putra Darma Kabid Kesehatan Hewan dan Vetriner, mengatakan, pemeriksaan akan dilakukan di 24 Kecamatan, terpusat di UPT Produksi dan Kesehatan Hewan masing-masing kecamatan. Khusus untuk Kecamatan Unter Iwes, Sumbawa dan Labuhan Badas, dilakukan di Kantor Dinakeswan Kabupaten Sumbawa.

iklan kampanye

Dijelaskan, pemerikasanaan terhadap hewan qurban tersebut dilakukan dau kali. Pertama sebelum hewan tersebut disembelih dengan cara pengambilan darah untuk memastkan hewan tersebut terbebas dari penyakit tertentu. Pengambilan sampel darah ini dilakukan muali H-3 penyembelian. Lanjutnya, kedua pemerikasaan dilakukan setelah hewan disembelih. Yakni memastikan hewan tersebut tidak terserang penyakit cacing hati.

Baca juga:  Update 01 Mei 2020 Covid-19 NTB, 233 Positif, 32 Sembuh

“Ada 190 petugas yang akan memeriksa hewan yang akan di qurban di 24 kecamatan. Jadi pemeriksaan sebelum dipotong, mengambil darah dan seterusnya. Kita lakukan untuk memastikan hewan ini dalam keadaan sehat sehingga layak konsumsi,” terangnya kepada wartawan, Senin (27/07/2020) di ruang kerjanya.

Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat yang akan berqurban agar menginformasikannya kepada pihak Desa maupun Kecamatan. Ia juga meminta kepada UPT berkoordinasi dengan kepala desa dan camat untuk mendata lokasi serta siapa saja yang akan melakukan pemotongan hewan qurban. Supaya nantinya tim bisa melakukan pemeriksaan. Selain itu tim juga mendata lokasi-lokasi penjualan hewan qurban.

Baca juga:  Gugus Tugas Lakukan Swab Massal di Pasar Plampang

“Kesimpulannya bagaimana supaya pemotongan hewan qurban ini berjalan dengan lancar, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19,” pungkasnya. (KS/aly)

iklan debat