oleh

Warga Desa Kerato Jaga Ketahanan Pangan dengan Bertani Sayuran

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bhabinkamtimas Desa Kerato, Aipda Heru tugas s, SH dengan Babinsa Serma Baharuddin, Kamis (16/07/2020) kemarin, mengunjungi petani sayur yang ada di Desa Kerato, Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa. Kegiatan tersebut dalam rangka pemantauan terhadap ketahanan pangan masyarakat di Desa setempat ditengah pandemi Covid-19.

Aipda Heru tugas mengatakan, kali ini ia bersama Serma Baharuddin, mengunjungi para petani sayur yang tergabung dalam kelompok tani “Hasrat Indah” berlokasi di Dusun Sering Atas, Desa Kerato. Kelompok tani yang dikatuai oleh Maknun itu , telah berdiri sejak tahun 1980. Dan beranggotakan 10 orang.

iklan kampanye

Untuk bertani lanjutnya, mereka menyewa lahan sawah untuk ditanami sayur. Adapun sayuran yang biasa mereka tanam adalah tomat, cabai, terong, buncis, kacang panjang, pare, sawi, dan bayam. Hasilnya, dijual di pasar-pasar di Kabupaten Sumbawa.

Baca juga:  Pasokan Beras di Daerah Cukup, Impor Beras untuk Jawa Saja

Terpisah, Kasubag Humas Polres Sumbawa Iptu Sumardi mengatakan, kegiatan para pateni ini merupakan salah satu bentuk upaya menjaga ketahanan pangan masyarakat Sumbawa, khusunya di Desa kerato dalam rangka menyambut adaptasi kebiasaan baru era Covid-19 ini.

Terhadap hal ini lanjutnya, Polres Sumbawa memberi dukunhan penuh melalui Bhabinkamtimas yang selalu siap memberikan bantuan para petani untuk meningkatkan hasil produksi, termasuk membantu dalam hal penjualan.

Ke depan sambungnya, Polres Sumbawa akan membentuk kelompok tani Tiga Pilar. Kelompok tersebut akan dibina langsung oleh unsur tiga pilar khamtibmas yakni Kepada Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Semoga dengan adanya dukungan ini, bisa meningkatkan hasil produksi para petani sayur di Kabupaten Sumbawa. Sehingga dapat menunjang ketahanan pangan masyarakat di masa pandemi ini,” pungkasnya. (KS/aly)

Baca juga:  Kunjungi Dirjen Migas, Komisi 2 Pertanyakan Realisasi Konversi Mitan ke Gas di Sumbawa