oleh

MPLS SDIT Samawa Cendikia Terapkan Solusi Adaptasi Kebiasaan Baru

-Pendidikan-177 views

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Samawa Cendikia, melaksanakan kegitan Masa Penengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untk siswa baru tahun ajaran 2020/2021.

Kegiatan yang digelar di Komplek Sekolah Islam Terpadu Samawa Cendikia ((SIT SC) itu, berlangsung selama Dua hari, mulai Selasa tanggal 14 hingga 15 Juli tahun 2020.

iklan

Galih Trio Raharjo, S.Pd, Kepala Sekolah SDIT Samawa Cendekia, mengatakan, kegiatan MPLS atau yang lebih biasa sebut Masa Oreintasi Siswa (MOS) dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dibud) Kabupaten Sumbawa, pada tanggal 06 Juli 2020 lalu.

Dijelaskan, MPLS dilaksanakan degan menggunakan model sif dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan. Panitia MPLS melakukan cek suhu tubuh kepada siswa di tempat penyambutan kedatangan kemudian siswa wajib memakai masker atau face shield dan menerapkan Social Distancing.

“Hari ini adalah hari pertama siswa baru SDIT Samawa Cendekia mengikuti MPLS. Kegiatan selama dua hari. Menggunakan model sif dan menerapkan protokol kesehatan penaganan Covid-19,” jelasnya.

Baca juga:  Mahasiswa PMM UMM Bagikan Handsanitizer dan Pasang Tempat Cuci Tangan

Lanjut Galih, tahun ajaran baru kali ini sekolah harus mempunyai konsep yang lebih inovatif. Sebab, diawal ajaran baru 2020/2021 ini merupakan masa transisi memasuki adaptasi kebiasaan baru. Dalam penerapannya kata Galih, SDIT Samawa Cendikia menerapkan model pembelajar Dalam Jaringan (Daring) atau BDR (Belajar Dari Rumah).

“Sejak Senin tanggal 13 Juli kemarin untuk kelas 2 sampai kelas 6 sudah mulai belajar Daring. Sedangkan kelas 1 akan mulai BDR tanggal 16 Juli nanti atau setelah pelaksanaan MPLS,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk pembelajaran daring, pihaknya sangat siap. Karena skema daring ini sudah terapkan sejak bulan Maret kemarin. Bahkan ujian sekolah, Tasmi’ Al-Qur’an hingga pembagian raportpun sudah menggunakan model daring. Semua itu berjalan dengan baik.

“Semua itu tidak lepas dari kerjasama yang apik dari pihak sekolah dengan orang tua siswa. Seperti Moto kita adalah the seconf home for our children jadi kita disini adalah rumah kedua dan sekaligus orang tua kedua bagi siswa SDIT Samawa Cendekia,” ujarnya.

Baca juga:  Pentingnya Media Pembelajaran

Untuk dikatahui tambah Galih, SDIT Samawa Cendekia juga akan memulai pembelajaran tatap muka adaptasi kebiasaan baru mulai tanggal 03 Agustus 2020. Dimana, skema adaptasi kebiasaan baru akan menggunakan sistim sif dan konsep-konsep yang tetap mengutamakan keamanan bagi siswa. Selain itu yang tidak kalah penting adalah kesiapan sarana dan prasarana disekolah yang cukup memadai.

“Semoga rencana ini menjadi solusi terbaik untuk anak-anak khususnya dunia Pendidikan di Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya. (KS/aly)