oleh

KPU Sumbawa Laksanakan Bimtek Pemutahiran Data Pemilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutahiran dan Penyusunan Data Pemilih (PPDP) kepada perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Sumbawa, Kamis (09/07/2020) di Aula Kantor di Sumbawa.

Bimtek tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih, mulai tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020, oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP).

iklan

“Kegiatan hari ini KPU Kabupaten Sumbawa melaksanakan kegaitan Bimtek Pemutahiran Data Pemilih kepada PPK di 24 Kecamatan. Bimtek ini supaya PPK secara berjenjang melanjutkan teknis pemutahiran data kepada PPS dan PPDP. Sehingga nanti pada saat tahapan pencoklitan menjadi acuan petugas PPDP dalam melakukan Coklit berkunjung dari rumah ke rumah memastikan pemilih itu sudah sesuai persyaratannya untuk memilih. atau ada pemilih yang sebelumya tidak terdaftar dalam data pemilih untuk dimasukan sebagai pemilih baru. ” kata M Kaniti, Ketua Devisi Perencanaan, Data dan Informasi, usia mengisi kegaitan tersebut.

Baca juga:  Polres Sumbawa Siapkan Ratusan Personil Amankan Pendaftaran di KPU

Dikatakan, hasil pencoklitan tersebut, akan dijadikan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh KPU. Kemudian diumumkan kembali kapada masyarakat selama Tujuh hari. “Jika ada masih masyarakat yang belum masuk ke dalam daftar pemilih sementara silahkan mendatangi TPS membawa KTP Elektronik atau Suket sebagai pemilih baru lagi,” terangnya.

Terkait pelaksanaan pencoklitan lanjut Ken sapaan akrabnya, susuai dengan PKPU 6 tahun 2020, dimana semua proses tahapan pemilihan Kepala Daerah harus mengutamakan pencegahan covid-19. Sehingga, dalam tugasnya, PPDP dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD).

“Jadi nanti PPDP, PPS, maupun PPK akan kami bekali dengan APB. Bahkan kami tidak membenarkan PPDP masuk ke rumah warga cukup sampai teras saja. Menggunakan alat tulis sendiri,” pungkasnya. (KS/aly)

iklan