oleh

Bale Pasatotang Kampung Sehat Karang Dima Selsaikan Permasalahan Warga

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Keberadaan Bale Pasatotang (Rumah Mediasi) di Dusun Batu Nisung Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas memiliki peran yang sangat luas dalam memediasi berbagai persoalan warga, sekaligus difungsikan sebagai tempat memberikan pelayanan kesehatan.

Namun, belakangan ini, mewabahnya Covid-19, tempat tersebut juga digunakan sebagai tempat memberikan pelayanan Kesehatan bagi masyarakat, terutama menjadi tempat memberikan edukasi tentang bahayanya Covid-19. Dalam penerapannya sehari-hari, Bale Pasatotang ini menerapkan Protokol Kesehatan disetiap kegiatannya.

Terkait Karang Dima disipakan untuk menjadi Kampung Sehat Binaan Polres Sumbawa, Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, S.IK., didampingi Kasat Binmas dan Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta Kades setempat mengunjungi Bale Pasatotang, guna mamastikan kesiapan menjadi Ikon Kampung Sehat di Desa Karang Dima, khususnya di Dusun Batu Nisung.

Baca juga:  Gunakan Bom Ikan, Nelayan Asal Pulau Lombok Ditangkap di Selat Alas

Sejak didirikan tahun 2016 lalu bertepatan dengan program kampung KB, Bale Pasatotang ini, telah telah banyak digunakan untuk memfasilitasi permasalah warga setempat. Selain itu juga, digunakan sebagai tempat memberikan pelayanan bagi ibu hamil, balita dalam hal ini Posyandu.

Semenjak mewabahnya Covid-19, fungsi Bale Pasatotang selain sebagai tempat mediasi, dan Posyandu, juga digunakan sebagai pusat informasi dan edukasi masyarakat tentang Covid-19. Disana, masyarakat ajak tetap menjaga jarak, menggunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun, serta protokol pencegahan Covid-19 lain.

Disisi lain, Bale Pasatotang ini juga, melakukan kegiatan untuk menjaga ketahanan pangan. Yakni, memanfaatkan pekarangannya untuk ditanami sayur-sayuran, tanaman obat, serta budidaya ikan lele.

Baca juga:  Peduli Pendidikan, Korem 162/WB Bangun Ruang Kelas di Ponpes Al-Kasif

“selama pandemi covid-19, Bale Pasatotang berperan aktif untuk menerapkan protokol covid-19 kepada masyarakat, seperti perilaku mencuci tangan, menggunakan masker, serta jaga jarak. Juga memanfaatkan halamnnya untuk melakukan kegiatan menuju ketahanan pangan,” tandas Kapolres. (KS/aly)

iklan bkbpp

News Feed