Pembelajar Tatap Muka di Sekolah Direncanakan Awal Agustus

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Menyambut era New Normal Covid-19, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, merencanakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah dimulai awal Agustus mendatang. Sekolah yang ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah, harus atas persetujuan Dikbud setempat.

Kepala Dinas Dikbud Sumbawa, H. Sahril, S.Pd., kepada wartawan, Selasa (07/07/2020) di ruang kerjanya mengatakan, tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai tanggal 13 Juli 2020. Untuk kelas 8-9 SMP, dan kelas 2 sampai 6 SD, dilanjutkan dengan Bejalan Dari Rumah (BDR) dari tanggal 13 hingga 29 Juli. Sementara untuk kelas 7 SMP dan 1 SD, diperbolehkan melaksanakan Masa Orientasi Sekolah (MOS) tatap muka selama 3 hari, jika memungkinkan.

“Kita punya waktu dua minggu untuk menyiapkan semuanya untuk melaksanakan tatap muka new normal. Ini tidak boleh ujug ujug, apa lagi ini ada masa libur. Kita tidak tahu ada anak-anak yang berlibur di luar Kabupaten, itu yang saya tekankan anak-anak kelas 7 SMP dan 1 SD jika tidak memungkinkan Mos dari rumah saja,” ujarnya.

Dalam tenggang waktu dua minggu itu lanjut Kadis, pihaknya melakukan persiapan secara menyeluruh menyambut tatap muka new normal. Sekolah, tidak bisa menetapkannya sendiri, harus berdasarkan persetujuan dari Dinas. “Harus ada surat permohonan sekolah. Kita akan melakukan penilaian, melakukan uji periksa terhadap semua daftar periksa protokol kesehatan. Baru nanti kita tetapkan bahwa sekolah melekasnakan tatap muka New Normal,” terangnya.

Selain menyiapkan surat permohonan lanjut sahril, sekolah harus menyiapkan dokumen surat izin orang tua untuk memastikan bahwa orang tua siswa mengisinkan anaknya untuk mengukuti tatap muka era new normal ini. “Sekolah harus memastikan orang tua mengizinkan anaknya sekolah tatap muka,” tukasnya.

Untuk penerapan pembelajaran tatap muka new normal tambah kadis, opsi dan strateginya diatur oleh sekolah sesuai dengan sumber daya yang tersedia di sekolah. Baik sumber daya manusia, fasilitas, dan sumber daya lainnya untuk mendukung tatap muka new normal. “Awal agustus sudah kita pastikan walapun tidak menyeluruh,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

EDUTECHNOPRENEURSHIP : Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa - Edutechnopreneurship, merupakan rumusan profil lulusan...

MAHASISWA FKES UNSA LAKUKAN PENYULUHAN TINGKATKAN KESEHATAN REMAJA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu...

FKES UNSA Peduli Stunting (Penting) Gelar Penyuluhan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai bentuk kepedulian civitas akademika...