Sumbawa Siapkan Ratusan Ekor Ternak untuk Puluhan Kelompok

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dinaskeswan) menyiapkan ratusan ekor ternak untuk ratusan kelompek petani ternak di Kabupaten Sumbawa. Saat ini, sedang dalam proses pemberkasan lelang.

Kepala Disnakeswan Kabupaten Sumbawa H. Junaidi, S.Pt, ditemui wartawan, Rabu (24/06/2020) di ruang kerjanya mengatakan, anggaran pengadaan puluhan ekor ternak tersebut berasal dari Pokok Pirikan (Pokir) anggota DPRD setempat. Puluhan ekor ternak tersebut kata dia, diperuntukan untuk puluhan kelompok tani ternak di Kabupaten Sumbawa.

Lanjut Junaidi, adapun jenis ternak tersebut pertama, Sapi Indukan sebanyak 75 ekor dengan harga satuan Rp. 10.800.000., total keseluruhan Rp. 810.000.000,. kedua, Sapi Bibit Betina sebanyak 445 ekor, harga satuan Rp. 6.900.000., total harga Rp. 3.070.500.000,. kemudian terkhir Kambing Indukan sebanyak 189 ekor harga satuan Rp. 2.000.000, total Rp. 378.000.000,.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

“Tiga paket ini nanti akan dilelang. Saat ini sedang proses persiapan tender, untuk sapi sudah siap untuk tayang, kambing dalam proses pemberkasan. Sumber anggaran Pokir,” terangnya.

Lanjutnya, ternak tersebut diperuntukan untuk 40 kelompok, dengan rincian 3 kelompok tersebar di Kecamatan Sumbawa medapatkan Sapi Indukan, 27 kelompok tersebar di 14 Kecamatan mendapatkan Sapi Bibit Betina, dan 10 Kelompok tersebar di 6 Kecamatan mendapat Kambing Indukan.

Baca juga:  Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

“Ini untuk kelompok masyarakat penerima sudah ada ditetapkan. Sebelum kelompok itu ditetapkan dengan SK kepala dinas, kita melakukan Seleksi Lokasi dan Petani. Sudah kami seleksi kemarin, sempat terkendala Corona, tapi sudah selesai,” jelasnya.

Ia harap, proses tendernya bisa rampung pada bulan Juli mendatang. Sehingga bisa berkontrak dan segera terealisasi. Ia meminta semua pihak untuk bersama-sama mengawal segala prosesnya. “Kalau saya berharap lebih cepat lebih. Saya berharap bulan 7 ini sudah rampung proses tendernya, sehingga kita bisa berkontrak dan segera untuk direalisasikan. Saya mengajak semuanya untuk ikut mengawal dan mengawasinya,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...

6 Hotel Rekomendasi Infont untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Seri ke 11 Motocross MXGP...

Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

Kabarsumbawa.com - Selama periode arus mudik tanggal 25 Maret...