oleh

Sumbawa Belum Direkomendasikan Terapkan Kenormalan Baru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah., menilai Kabupaten Sumbawa, belum saatnya menerapkan kenormalan baru Covid-19 atau New Normal. Hal tersebut disampaikan Gubernur saat berkonjung ke Kabupaten Sumbawa bersama Kapolda dan Kajati NTB, Jum’at (05/06/2020) lalu.

Dikatakan, di NTB terdapat Tiga Daerah yang dinilai siap untuk menerapkan New Normal. Yakni, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima. “Alhamdulillah beberapa daerah di NTB ini sudah siap untuk New Normal. Diantaranya Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima,” katanya.

iklan

Menurutnya, beberapa faktu yang menyebabkan Kabupaten Sumbawa belum bisa menerapkan New Normal. Diantaranya, luas wilayah yang besar dan jumlah penduduk yang cukup banyak.

“Kabupaten Sumbawa sedikit lagi. Tapi belum berani kita gencarkan karena memang luas wilayahnya besar, penduduknya juga cukup banyak. Sedangkan nanti new normal itu bukan berarti tidak ada yang positif. Tapi new normal ini kalau ada masalah dengan covid kta tidak perlu lagi panik karena fasilitas sudah memadai, tenaga kesehatan juga siap,” jelasnya.

Baca juga:  Rapid Test, 29 Orang Tenaga Kesehatan di NTB Reaktif

“Jangan sampai kita new normal, tiba 1000 kena corona. Segi inilah kita antisipasi betul. Apakah tiba-tiba ada 200 yang fositif corona, fasilitas kesehatan kita sudah memadai atau tidak, tenaga kesehatan kita siap atau tidak,” lanjutnya.

Lanjut Gubernut, perlu jadi catatan, bahwa corona di NTB semakin banyak. disisi lain tenaga kesehatan mulai tumbang. Sehingga bisa dibayangkan kata Gubernur, batapa bahayanya, jika kasus positif semakin banyak, tenaga kesehatan terbatas.

“Terkait New Normal Kabupaten Sumbawa belum kami rekomendasikan segera karena masih banyak tenaga kesehatan yang terpapar. Sampai dengan secara kesiapan juga fasilitas kesehatan juga dan lain sebagainya baru kita berangsur angsur kepada new normal,” pungkasnya. (KS/aly)

iklan