15 Desa Belum Salurkan BLT DD

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 15 Desa di Kabupaten Sumbawa, belum menyalutkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakatnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepada Dinas Pemberdayaan Masayarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro, Kamis (04/06/2020) kepada wartawan di ruang kerjanya.

Disebutkan, belasan Desa tersebut tersebar di Lima Kecamatan yakni, Kecamatan Ropang terdari dari Desa Lebin, Lebangkar, Ropang, Lawin, dan Ranan. Kecamatan Labuhan Badas terdiri dari Desa Sebotok dan Bajo Medang. Kecamatan Unter Iwes yakni, Desa Kerekeh, Boak, Jorok, Pungka, dan Uma Beringin. Kemudian Kecamatan Lopok yakni Desa Lopok. terakhir Kecamatan Orang Telu yakni Desa Mungkin dan Sebeok.

Baca juga:  SPM Awards Tahun 2024, Sumbawa Peringkat Empat Kabupaten Terbaik

Adapun kendalanya sehingga 15 Desa tersebut hingga saat ini belum menyalurkan BLT DD, diantaranya, belum melakukan pencairan Dana Desa Tahap II sebagaimana desa-desa yang lain dan belum menetapkan APBDes Perubahan sebagai dasar pelaksanaan Belanja Tak Terduga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Diketahui anggaran BLT DD untuk 157 desa di Sumbawa sebanyak Rp 34. 137.000.000 yang diperuntukkan untuk 18.965 KK penerima manfaat. Yang sudah terealisasi Rp 15.998.400.000,” terangnya.

Lanjut Varian, penyaluran BLT DD ini untuk tiga bulan yakni April, Mei dan Juni. Terhadap desa yang belum diharapkan bisa menyalurkan dalam bulan Juni ini. Kemudian untuk pertanggung jawabannya kata dia, berdasarkan data penyaluran. Secara otomatis sudah memiliki bukti. Karena sudah langsung dibuat Desa.

Baca juga:  Kabupaten Sumbawa Dapat Alokasi DBHCHT 2024 Rp 17,6 Miliar

“Sebelum pencairan anggaran itu sudah dilampirkan dengan Perkades sama daftar nama. Setelah itu bisa dicairkan. Hal itu sudah di desa masing-masing, tidak perlu disampaikan kepada kami. Bulan ini semuanya harus sudah menyalurkan. Jadi yang belum akan menyalurkan dua atau dua kali sekaligus,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pemkab Sumbawa Terus Bergerak Menuju Zero Stunting

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi...

SPM Awards Tahun 2024, Sumbawa Peringkat Empat Kabupaten Terbaik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa berhasil masuk sebagai...

Sumbawa Jadi Kabupaten Terbaik Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi NTB 2024

Mataram, Kabarsumbawa.com - Dalam rangka mendukung visi Indonesia Emas...

Pelaku Wisata di Sumbawa Dapat Pelatihan Pemasaran Digital

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...