oleh

15 Desa Belum Salurkan BLT DD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 15 Desa di Kabupaten Sumbawa, belum menyalutkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakatnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepada Dinas Pemberdayaan Masayarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro, Kamis (04/06/2020) kepada wartawan di ruang kerjanya.

iklan kampanye

Disebutkan, belasan Desa tersebut tersebar di Lima Kecamatan yakni, Kecamatan Ropang terdari dari Desa Lebin, Lebangkar, Ropang, Lawin, dan Ranan. Kecamatan Labuhan Badas terdiri dari Desa Sebotok dan Bajo Medang. Kecamatan Unter Iwes yakni, Desa Kerekeh, Boak, Jorok, Pungka, dan Uma Beringin. Kemudian Kecamatan Lopok yakni Desa Lopok. terakhir Kecamatan Orang Telu yakni Desa Mungkin dan Sebeok.

Baca juga:  Faozal: Dispopar Sumbawa Berikan Video Rusak Pada Opening Fesmo

Adapun kendalanya sehingga 15 Desa tersebut hingga saat ini belum menyalurkan BLT DD, diantaranya, belum melakukan pencairan Dana Desa Tahap II sebagaimana desa-desa yang lain dan belum menetapkan APBDes Perubahan sebagai dasar pelaksanaan Belanja Tak Terduga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Diketahui anggaran BLT DD untuk 157 desa di Sumbawa sebanyak Rp 34. 137.000.000 yang diperuntukkan untuk 18.965 KK penerima manfaat. Yang sudah terealisasi Rp 15.998.400.000,” terangnya.

Lanjut Varian, penyaluran BLT DD ini untuk tiga bulan yakni April, Mei dan Juni. Terhadap desa yang belum diharapkan bisa menyalurkan dalam bulan Juni ini. Kemudian untuk pertanggung jawabannya kata dia, berdasarkan data penyaluran. Secara otomatis sudah memiliki bukti. Karena sudah langsung dibuat Desa.

Baca juga:  Pembangunan Bendungan Tiu Suntuk Dimulai

“Sebelum pencairan anggaran itu sudah dilampirkan dengan Perkades sama daftar nama. Setelah itu bisa dicairkan. Hal itu sudah di desa masing-masing, tidak perlu disampaikan kepada kami. Bulan ini semuanya harus sudah menyalurkan. Jadi yang belum akan menyalurkan dua atau dua kali sekaligus,” pungkasnya. (KS/aly)