oleh

Di Tengah Pandemi, Dosen UNSA Raih Hibah dari Kemenristek/BRIN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Universitas Samawa menunjukkan semangat dan keseriusannya untuk terus berkarya dan mengabdikan diri bagi masyarakat tana samawa. Hal tersebut dibuktikan melalui prestasi meraih Hibah Nasional Program Pegabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh DRPM Kemenristek/BRIN.

Empat judul program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berhasil berhasil dimenangkan tim yang diketuai oleh Dedi Syafikri, S.Kel., M.Si dosen Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) dengan judul Pengembangan Desa Labuhan Bajo Sebagai Desa Garam Beryodium dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Garam dan Mengurangi Angka Kejadian Stunting dalam skema Program Pengembangan Desa Mitra.

Kemudian diketaui oleh Dwi Mardhia, ST., M.Sc dosen Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) dengan judul Teknologi Pengolahan Sampah di Dusun Prajak Dalam Mendukung dan Melestarikan Pesona Teluk Saleh Sebagai Akuarium Dunia dalam skema Program Kemitraan Masyarakat.

Selanjutnya PKM yang diketuai Dr. Siti Nurwahidah, SP., M.Si dosen Fakultas Pertanian dengan judul Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Pembuatan Bank Sampah Desa di Desa Jurumapin Kecamatan Buer.

Terkahir PKM yang diketuai Dr. Syafruddin, SE., MM dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen dengan judul Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas (Community Based) Melalui Pembentukkan Bank Sampah di Desa Brang Kolong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa. Selain itu juga, tim Dr. Siti Nurwahidah, SP., M.Si dan Dr. Syafruddin, SE., MM, memenangkan skema yang sama yaitu Program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Baca juga:  Auditorium PMI Dea Malela di Beri Nama "Ir.H. Joko Widodo", Presiden Amini dengan Bismillah

Dr. Syafruddin, SE., MM selaku Rektor UNSA dan ketua tim yang memenangkan hibah dalam sambutannya saat kegiatan penandatanganan kontrak antara dosen peraih hibah dan LPPM, menegaskan bahwa prestasi tingkat nasional yang diraih saat ini harus terus ditingkatkan dan dikembangkan.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada desa-desa yang telah bermitra, karena telah mempercayai untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa. Rektor berharap bahwa setiap dosen harus memiliki desa binaan dengan menerapkan ilmu yang dimiliki di masyarakat dalam upaya mendukung program-program pemerintah di Kabupaten Sumbawa.

Senada dalam kegiatan yang sama, Dr. Ieke Wulan Ayu, STP., M.Si selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) mengucapkan selamat kepada para pemenang hibah, dan meminta kepada semua tim untuk tetap bersemangat dalam masa pandemi COVID-19.

Baca juga:  Menristek Hadiri Wisuda Perdana Elang Muda UTS

Semua tim harus menggunakan strategi-strategi mengabdi sesuai ketentuan pemerintah, menggunakan daring dan luring. Dr. Ieke, menjelaskan bahwa semua desa yang menjadi lokasi kegiatan hibah adalah tempat kegiatan KKL dalam program pengabdian masyarakat kepada masyarakat pada tahun 2019, sehingga untuk 2021 kami akan memperluas daerah binaan, berinovasi bersama masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat.

”UNSA akan terus bergerak memajukan daerah dan kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa tempat pengabdian dosen dan mahasiswa, dan mitra lainnya yang telah bekerja sama selama kegiatan berlangsung,” tegasnya. (KS)

iklan bkbpp

News Feed