oleh

Kapolda Monitoring dan Evaluasi Penanggulangan Covid-19 oleh Polres Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com –  Kapolda NTB Irjen. Pol. Drs. Tomsi Tohir, M.Si., melakukan Monitoring dan Evaluasi Penanggulangan Covid-19 oleh Gugus Tugas Polres Sumbawa, Rabu (05/05/2020) siang tadi.

Kapolda tiba di Mapolres Sumbawa sekitar pukul 13.00 Wita. Disambut oleh Kapolres Sumbawa dan jajarannya, Dandim 1607 Sumbawa. Kapolda kemudian memimpin apel di lapangan apel Mako Polres Sumbawa.

Dalam arahannya, Irjen. Pol. Drs. Tomsi Tohir, M.Si., menyampaikan terima kasih kepada Polres Sumbawa, bersama TNI dan Gugus Tugas setempat, atas dedikasinya dalam menangani virus Corona (Covid-19) khususnya di Kabupaten Sumbawa.

Dalam situasai seperti ini kata dia, harus tetap semangat, jangan lelah dan putus asa. Sebab, ditengah Pandemi ini, kita masih diberikan kesehatan. “Dalam situasi covid seperti ini tetep semangat jangan lelah dan putus asa. Karena saat seperti ini kita harus bersyukur. Kerena kita dalam keadaan sehat,” ungkapnya.

Berkiatan dengan wabah covid ini lanjutnya, disadari klaster atau kelompok penularannya telah dapat diidentifikasi. Sehingga, mudah untuk dilakukan penelusuran atau Contact Trakcing. Namun sambungnya, jika terjadi penularan di pusat perekonomian speerti pasar. Maka, dapat dibayangkan, bertapa sulitnya untuk dilakukan penelusurannya. Menurutnya, jika hal itu terjadi, maka jumlah kasus semakin banyak dan penularan tidak dapat dikatahui.

Baca juga:  KUA Labuan Badas Dibobol Maling

“Coba bayangkan kalau terjadi transimi lokal di pasar. Bayangkan yang kena pedagang pasar, kita tanya siapa yang beli, dia tidak tau siapa saja yang beli. Itu salah satu contoh tempat keramaian. Jika itu terjadi, maka akan jadi bola liar. Sehingga jumlah semakin banyak dan penularan tidak kita ketahui,” terangnya.

Untuk itu, ia meminta agar tempat-tempat keramaian seperti pasar dan sebagainya, agar diatur sebaik mungkin. “Ini makanya pentingnya tempat keramaian diatur dengan sebaiknya. Kalau perlu buat pos, mereka tidak taat, maka ingatkan mereka. Kita harus tegas, sopan, dan baik dalam menjelaskan kepada masyarakat. Jika ini tidak dilakukan maka penularannya tidak akan terkendali. Begitu juga yang tugas dilapangan, habis nangkap misalnya, pulang langsung mandi, jangan sampai kita dan keluarga kita tertular,” paparnya.

Baca juga:  15 Kasus Ilegal Loging Di Sumbawa Sudah Disidangkan

Disisi lain, ia menyampaikan bahwa pekan lalu telah dilakukan mutasi terhadap Sembilan Kapolda, termasuk Kapolda NTB. Dimana, dirinya dipercaya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Sosial dan Politik (Sahlisospol) Kapolri, dan digantikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Muhammad Iqbal SIK.

“insya Allah akan diadakan sertijab lewat vicon, saya digantikan kadiv humas Polri Muhammad Iqbal. Saya beserta keluarga menyampaikan terima kasih, minta maaf. Pesan saya, tetap semangat, dan terus bersyukur,” (KS/aly)

News Feed