Dukung Learning From Home, Dikbud Sumbawa Gandeng LPPM Universitas Ma Chung Malang

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran jarak jauh berbasis online, Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa Gelar Diklat Pendidikan online.

Kegiatn diklat dengan tema dukungan untuk learning from home bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Ma Chung Malang.

Diklat yang dilaksanakan Sabtu 25 April 2020 diikuti 134 peserta terdiri dari para guru, kepala sekolah, dosen dari dua perguruan tinggi di Mataram, pengawas sekolah dari Ogan Komering Ulu dan juga dari Cirebon Jawa Barat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, Sahril, S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada LPPM Universitas Ma Chung Malang atas kerjasamanya dalam meningkatkan kompetensi guru di Kabupaten Sumbawa khususnya dalam penguasaan teknologi.

Kepada para peserta, khususnya para guru agar dapat memanfaatkan diklat ini sebaik mungkin untuk mengupgrade kompetensi dibidang teknologi pembelajaran.

Disadari bahwa kondisi pasca diberlakukannya social dan psysical distancing, perlu langkah langkah antisipatif terutama mendesain belajar jarak jauh selama anak belajar di rumah.

Narasumber diklat Dr.Eng. Romi Budhi, MT.,M.Pd yang juga Dosen Teknik Informatika Universitas Ma Chung Malang menyampaikan materi tentang Media Pembelajaran Online Dengan Edmodo.

Disampaikan bahwa aplikasi ini merupakan platform jejaring sosial yang dapat digunakan untuk siswa, guru dan orang tua siswa. Aplikasi yang diciptakan oleh Nic Borg, Jeff O Hara dan Cristal Hutter memiliki beragam fasilitas penunjang proses pembelajaran online. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru dapat membuat pilihan untuk membuka banyak kelas atau grup dengan menggunakan satu akun.

Demikian pula kelas juga dapat diaktifkan atau di non aktifkan, tetapi juga dapat dicopy untuk digunakan kembali. Kelebihannya, aplikasi edmodo dapat didesain penggunaannya untuk team teaching dan disediakan fasilitas interaksi sosial antar pengguna.

Pada fitur edmodo terdapat fasilitas perpustakaan untuk menyimpan materi yang akan digunakan dalam pembelajaran. Dengan aplikasi ini guru dapat mengirim link website, foto, video atau postingan tugas.

Disediakan juga fasilitas untuk membuat soal evaluasi dengan beragam jenis dan bentuk soal berikut feedbacknya.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja keras panitia penyelenggara yang terdiri dari Niki Ite Adekayanti, S.Pd (Guru SDN Sela Moyohulu), Miftahul Husna, M.Pd (Guru SDIT SC), Sri Sulastri, S.Pd ( Guru SDN Sebasang Unter Moyohulu), Mega Ade Kantari, S.Pd  (Guru SDN 2 Maronge), Sri Rahayuni, S.Pd (Guru SDN Brangkua  Labuhan Badas), Selviana Loru Milla, S.Pd (Guru SDN Meno Rhee), dan Rizal Fahmi, S.Pd (Guru SDN 1 Gontar Alas Barat).

Kepada para peserta diklat, untuk memantapkan pemahaman tentang edmodo juga disediakan video tutorial dari narasumber diklat. (KS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

EDUTECHNOPRENEURSHIP : Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa - Edutechnopreneurship, merupakan rumusan profil lulusan...

MAHASISWA FKES UNSA LAKUKAN PENYULUHAN TINGKATKAN KESEHATAN REMAJA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu...

FKES UNSA Peduli Stunting (Penting) Gelar Penyuluhan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai bentuk kepedulian civitas akademika...