oleh

Cegah Covid-19, Bupati Sumbawa Wajibkan Penggunaan Masker

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa mengeluarkan Surat Edaran tetang kewajiban penggunaan masker dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.

Surat Edaran (SE) tersebut terbit pada hari, Selasa 14 April 2020, dengan nomor 188.64/139/BPBD/2020, ditanda tangani oleh Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc.

iklan

Dalam surat edaran tersebut, Bupati mengatakan, hal ini menindaklanjuti seruan Presiden RI agar seluruh masyarakat menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah dan surat edaran Gubernur NTB Nomor 360/190/BPBD/2020 tanggal 06 April 2020 tentang penggunaan masker dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Lanjut Bupati, dalam surat edaran tersebut diwajibkan kepada seluruh masyarakat Sumbawa yang akan melakukan kegiatan di luar rumah untuk menggunakan masker.

Baca juga:  Update 26 April 2020 Covid-19 NTB, 195 Positif, 23 Sembuh

Adapun jenis masker kata Bupati, sedapat mungkin menggunakan masker berbahan dasar kain minimal dua lapis yang dapat dicuci secara rutin setiap hari dan tidak menggunakan jenis masker yang diprioritaskan penggunaannya untuk tenaga kesehatan.

Selanjutnya, kepada perangkat daerah, Camat, Luruh, Kepala Desa, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD dan Pimpinan Perusahaan Swasta agar menyediakan dan memastikan penggunaan masker bagi semau pegawai, karyawan, di lingkungan kerjanya masing-masing dan mensosialisasikan kewajiban menggunakan masker kepada masyarakat.

“Saling mengingatkan jika bertemu masyarakat yang berada di luar rumah tetapi tidak menggunakan masker. Yang paling penting, selalu mengutamakan tetap berada di rumah, menjaga jarak aman, sering mencuci tangan dengan sabun dan menjaga etika batuk dan bersin,” demikian Bupati. (KS/aly)

iklan