oleh

114 Orang Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19 Asal Lunyuk

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sejak terkonfirmasinya satu orang warga Sumbawa dinyatakan positif Covid-19 beberapa waktu lalu, Tim Kesehatan terus melakukan Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak erat dengan pasien asal Kecamatan Lunyuk tersebut.

Dikutip dari Samawa Rea, Selasa (15/04/2020) Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani A.Pt., mengatakan, data sementara tercatat 114 orang di Kabupaten Sumbawa yang memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau pasien 01 Sumbawa itu. Mereka dikategorikan OTG (Orang Tanpa Gejala) ini merupakan Klaster Pasien 01 NTB.

Baca juga:  Jelang Akhir Tahun, Stok Pangan KSB Aman

Kata Haji Didi, terhadap 114 orang tersebut, sudah dilakukan rapid test. Sebagian di antaranya non reaktif dan sebagian lagi reaktif. “Disebut reaktif, karena terdeteksi terbentuknya imunitas di dalam tubuhnya yang melawan virus. Namun rapid test ini belum dianggap hasilnya positif, mesti ada pemeriksaan laboratorium untuk swabnya. Selain itu rapid test ini harus dilakukan dua kali. Untuk rapid test kedua kalinya ini, pihaknya mengalami kekurangan alat dan masih menunggu kiriman. Sebab sebagiannya sudah digunakan untuk melakukan rapidtest terhadap Klaster Gowa (jamaah tablig),” jelasnya.

Di bagian lain, Haji Didi menyebutkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 258 orang. 203 di antaranya sudah selesai dipantau atau menjalani karantina mandiri, kini tersisa 55 orang. Kemudian Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) mencapai 4.707 orang. Semuanya memiliki riwayat perjalanan dari dari luar daerah, termasuk daerah-daerah terjangkit Covid-19. (KS/)

iklan bkbpp

News Feed