oleh

Libur Sekolah Diperpanjang Hingga 27 April 2020

Mataram, Kabarsumbawa.com – Melihat pekembangan terkini penyebaran virus corona, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kembali memperpanjang libur sekolah hingga 27 April 2020 mendatang.

“Masa belajar mandiri dirumah (Libur Sekolah, Red) diperpanjang sampai tanggal 27 April 2020,” ungkap Kepala Dinas Dikbud NTB, H Aidy Furqon kepada NUSRAMEDIA, Kamis malam (9/4) tadi di Mataram.

Menurut dia, perpanjangan masa libur sekolah itu tidak hanya diperuntukan bagi siswa, tapi juga berlaku untuk para guru yang ada dilingkup SMA/SMK/SLB di NTB.

Selama masa libur ini, ia berarap orang tua berperan aktif baik mengawasi serta membingnya anaknya untuk tetap mengikuti pembelajaran sistem dalam jaringan (daring). Mengingat, guru memberikan layanan pembelajaran dari rumah. Baik dengan startegi online, semi online maupun konvensional.

Baca juga:  Mahasiswa Baru UNSA Diberi Pemahaman Bela Negara

“Jadi guru tetap bertugas dengan WFH (Work From Home, Red). Siswa belajar mandiri untuk mencapai kompetensi mata pelajarannya agar memenuhi kriteria lulus atau naik kelas,” imbuhnya.

Disisi lain ia mengaku telah melakukan evaluasi pada masa penanganan COVID-19. Ada beberapa hal yang didapati pihaknya untuk dijadikan perhatian bersama. Antara lain kata dia, yaitu terkait dengan kendala pembelajaran mandiri dari rumah. Dimana masih ada siswa belum memiliki HP untuk pembelajaran online, sehingga pembelajaran hanya mencapai 55 persen yang terlayani.

“Siswa juga sering ganti nomor HP, sehingga terputus layanan pembelajaran. Tidak semua guru mampu melakukan pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu juga, masih terdapat guru yang tidak aktif dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran,” kata Aidy Furqan lagi.

Baca juga:  Laznas BSM Bantu SMK Al-Kahfi Sumbawa

Kendati demikian, ia tetap mendorong para guru untuk terus optimis dan berbuat ditengah keterbatasan. Terlebih pada sikon saat ini. “Mari kita tetap bertugas dan berkarya meski didalam suasana yang terbatas,” demikian ajak Kepala Dinas Dikbud NTB. (KS/aly)

News Feed