oleh

Relawan Desa Mokong Bergerak Lawan Covid-19

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Para relawan pun terus bergerak melawan virus mematikan tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Relawan Pecegahan Covid-19 Desa Mokong, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Tanpa dikomando, mereka terus bergerak melakukan upaya pencegahan penyebaran virus ini.

iklan

Berbagai upaya nyata yang dilakukan diantaranya, memberikan himbauan kepada masyarakat tetang apa itu Covid – 19, melakukan penyemprotan menyeluruh di 4 Dusun di Desa Mokong, membuat posko utama dan Pos penjagaan di pintu utama Desa Mokong, mengajak masyarakat membiasakan prilaku hidup bersih melalui pemasangan tempat cuci tangan di depan rumah masing-masing, tidak keluar rumah jika tidak mendesak dan tetap menjaga jarak dengan sesama.

Ketua relawan Desa Mokong Sri Hartati, A.Md.Keb mengatakan, pihaknya dalam melakukan upaya pecegahan covid-19 ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Baik dari Pemerintah Kecamatan, Desa, BPD, Kadus, PKK, Babinkamtibmas, Babinsa hingga masyarakat setempat.

Baca juga:  LSM NTB Dukung Karantina 1000 Karyawan AMNT

Dikatakan, untuk mendetaksi pendatang ke Desa Mokong, pihaknya mengoptimalkan penjagaan di gerban pintu masuk Desa tersebut. Dimana, relawan secara bergantian bejaga untuk mengawasi lalu lintas orang yang masuk melalui gerbang tersebut.

“Kita untuk terus melakukan tindakan pencegahan seperti dalam upaya pembuatan portal di pintu masuk Desa Mokong agar lalu lintas orang keluar dan pendatang bisa terdeteksi secara dini. Di pintu masuk Desa disediakan tempat cuci tangan. Jadi masyarakat wajib cuci tangan,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat khususnya masyarakat Desa Mokong untuk terus melakukan tindakan pencegahan. Yang terpenting dengan tetap mengikuti apa yang menjadi arahan pemerintah.

Baca juga:  Kebakaran Wisma Daerah Diawali Suara Ledakan Keras

Sekretaris Relawan Desa Mokong Abdul Azis, S,Pd, SD menambahkan, kegiatan ini terus berlanjut sampai pada  akhir bulan April untuk target tahap pertama dengan harapan semoga kondisi semakin membaik dan kembali normal dalam beraktivitasnya masyarakat.

“Sejak dimulai kegiatan peduli dan aksi nyata relawan alhamdulillah dengan sendirinya telah  menggugah  hati sahabat  dan saudara kita yang berasal dari Desa Mokong dan kebetulan berada serta bertempat tinggal diluar desa mokong dengan memberikan bantuan seikhlasnya. Baik itu berupa barang maupun uang tunai,” ungkapnya.

“Atas nama relawan dan warga masyarakat Desa mokong menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut ambil bagian dalam aksi peduli serta gerakan nyata ini,” pungkas guru yang kesehariannya mengajar di SDN Nijang ini. (KS/aly)

iklan