oleh

Turun ke Lunyuk, Petugas Telusuri Riwayat Kontak Pasien Positif Covid-19

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Satu orang warga Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa terkonfirmasi positif Covid-19, pada Rabu 01 April kamarin.

Untuk menghindari penularan lebih jauh, petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa dan Dikes Provinsi NTB, melakukan Contact Tracing atau penelusuran terhadap semua orang riwayat kontak dengan pasien 01 Sumbawa tersebut.

“Tim dari Dikes Sumbawa dan Dikes Provinsi NTB, hari ini terjun ke Lunyuk untuk melakukan penelusuran terhadap siapa saja yang pernah kontak dengan yang bersangkuat,” kata H. Hasan Basri. MM., Kepala Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, Jum’at (03/04/2020) di Sumbawa.

Baca juga:  Pasien RSUD Sumbawa Kembali Dievakuasi Ke Rumah Sakit

Dikatakan, saat ini, pasien 01 tersebut masih dalam pengawasan petugas medis di RSMA Sumbawa. Kondisinya juga dalam keadaan baik. “Alhamdulillah yang bersangkutan semakin membaik,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, H. Bas sapaan akrabnya, meminta kepada masyarakat agar tetap mematahui himbauan dari pemerinta. Seperti melaksanakan Social atau Physical Distancing, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak satu sama lain serta membatasi aktivitas keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang sangat penting.

Kemudian melakukan karantina di rumah masing-masing bagi warga yang datang dari luar negeri atau daerah yang telah terkonfirmasi positif corvid-19, serta melaporkan kedatangannya kepada aparat di desa/kelurahan.

Baca juga:  Relawan Desa Mokong Bergerak Lawan Covid-19

Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, penyemprotan desinfektan, mengepel lantai, mengelap perabotan, peralatan kerja yang sering disentuh, membersihkan rumah dan lingkungan  secara rutin yang dapat dilakukan secara mandiri. (KS/aly)

News Feed