Bupati Berlakukan Karantina Wilayah Terbatas untuk Kecamatan Lunyuk

Date:

Sumbawa besar, kabarsumbawa.com – Berdasarkan notifikasi yang dikirim dari Dirjen Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, pada hari rabu, 1 april 2020  pukul 17.20 wita bahwa telah terkonfirmasi seorang penderita positif covid-19. Warga tersebut berjenis kelamin perempuan berinisial M (44) warga Kabupaten Sumbawa.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc, dalam jumpa pers, Kamis (02/04/2020) pukul 10.30 Wita di Kantor Bupati Sumbawa.

Dijelaskan, status penderita tersebut adalah ODP (Orang Dalam Pemantauan), yang mulai diobservasi di ruang isolasi rsma sumbawa pada tanggal 26 maret 2020 dengan gejala flu dan hipertensi. Penderita memiliki riwayat kontak dengan pasien positif Covid-19 NTB 01 pada tanggal 9 maret 2020.

“Namun kita bersyukur karena saat ini penderita dalam kondisi semakin membaik, sambil menunggu hasil test negatif sebanyak Dua kali sebelum bisa dipulangkan ke rumahnya,” ungkapnya.

Baca juga:  PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Untuk menghindari penularan lebih lanjut kata sambung Bupati, ia minta kepada petugas kesehatan dan pihak-pihak terkait lainnya untuk segera melakukan penelusuran terhadap semua orang yang pernah melakukan kontak dengan yang bersangkutan.

Mengingat penderita positif Covid-19 ini lanjutnya, adalah warga Kecamatan Lunyuk, maka ia meminta agar dilakukan karantina wilayah terbatas untuk Kecamatan Lunyuk. Sambil menunggu penelusuran dan isolasi terhadap masyarakat yang pernah melakukan kontak dengan yang bersangkutan.

Terhadap Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, ia minta untuk lebih proaktif melakukan langkah-langkah percepatan penanganan, terutama dengan memperketat pengawasan arus keluar masuk di gerbang barat dan juga gerbang timur.

“Siagakan posko-posko secara intensif untuk mendata dan memeriksa para pendatang di wilayah kita. Camat, lurah, kepala desa dan jajarannya sampai ke tingkat bawah juga memegang peranan penting untuk mengedukasi masyarakat agar bersama-sama memutus rantai penularan virus yang mematikan ini,” tegasnya.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

“Begitu juga terkait ketahanan pangan masyarakat selama pandemi covid-19 ini, saya minta untuk tetap dijaga dan diperhatikan, lakukan pendataan terhadap warga masyarakat kita yang secara serius terkena dampak bencana ini untuk segera dibantu, agar masyarakat benar-benar merasakan kehadiran pemerintah di tengah pandemi ini,” tegasnya lagi.

Terhadap masyarakat, ia berharap untuk tetap tenang, tidak panik namun tetap waspada. Patuhi imbauan pemerintah untuk menghindari keramaian, menghindari kontak fisik, menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat, mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Pemerintah daerah akan berbuat maksimal dan akan mengerahkan seluruh Sumber Daya yang ada untuk kita bersama-sama melawan penyebaran covid-19 Di Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...