oleh

Cegah Covid-19, Pintu Masuk Lunyuk Diperketat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran Corona Virus Diseases (Covid-19), Pemerintah Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, memperketat pintu masuk.

Dimana, setiap warga yang masuk ke Lunyuk, baik menggunakan angkutan umum, pribadi maupun roda dua, akan diperiksa dan didata terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanannya.

iklan

Pelaksanaan kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Dusun Plara Desa Lunyuk Rea, mulai, Senin 30 Maret 2020 hingga waktu yang ditentukan.

“Setelah memperhatikan hasil evaluasi lapangan khususnya dalam Wilayah Kecamatan Lunyuk, memperhatikan masukan seluruh Gugus Tugas Desa dan Juga Gugus Tugas Kecamatan dan konsultasi kami dengan Gugus Tugas Kabupaten Maka Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 kami akan melaksanakan beberapa kegiatan,” kata Camat Luyuk, Iwan Sofyan.

Baca juga:  Bupati : Mutasi Jilid II Dipastikan Pada Akhir Desember Ini

Dilanjutkan, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini, pikanya akan melakukan pengecekan kesehatan dan juga penyemprotan disinfektan bagi seluruh kendaraan yang memasuki lunyuk dan sekaligus pendataan  terhadap seluruh warga, dan tamu terutama bagi mereka yang berasal bari wilayah yang sudah berstatus zona merah.

Seluruh kendaraan umum dan pribadi, termasuk roda dua yang membawa penumpang dari luar pulau Sumbawa,  akan hentikan dan diarahkan ke dalam Lapangan. Kemudian  satu-persatu penumpang maupun pengendara akan melewati bilik disinfektan. Selanjutnya akan mencuci tangan masing-masing lalu menuju meja pendataan Gugus Tugas Desa Sesuai alamat tujuannya.

Apabila penumpang tersebut berasal dari zona merah, maka akan diberikan status Isolasi mandiri dan selanjutnya akan langsung diperiksa oleh petugas kesehatan dari puskesmas.

Baca juga:  Masalah Jalan Samota, Bupati Sumbawa Berharap PT Labu Mau Sedikit Melunak

“Nama-nama yang masuk dalam status isolasi mandiri ini nantinya oleh Gugus Tugas Desa akan diteruskan kepada seluruh Kepala Dusun, RT/RW, Aparat Babinkamtibmas dan Babinsa, untuk di pantau dan tidak diperbolehkan keluar rumah selama 14 hari,” ungkapnya.

“Atas nama segenap Gugus Tugas Kecamatan dan Gugus Tugas Desa menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyaman ini. Semoga ikhtiar ini sebagai langkah efektif dan efisien dalam memberikan dampak signifikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 bagi seluruh umat dalam wilayah Sumbawa umumnya dan Juga Kecamatan Lunyuk khususnya,” pungkasnya. (KS/aly)

iklan