oleh

Pramuka Kwarcab Sumbawa dan Kompos Bergerak Cegah Covid-19

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Ditengah kegaduhan masyarakat akan penyebaran  Covid-19 yang semakin hari kian bertambah tentu membutuhkan jiwa peduli dalam mengatasi dan mencegahnya.

Semua pihak, baik pemerintah, Swasta, Kominitas, hingga masyarakat bergerak melakukan berbagai langkah bagaiman menghadirkan ketenangan dari ketakutan yang meresahkan ini.

iklan

Semeprti yang dilakukan oleh Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Sumbawa bekerja sama dengan berbagai pihak  tidak tinggal diam dan ikut ambil bagian tergerak dan bergerak menjadi relawan untuk mensosialisasikan berbagai himbauan pemerintah ditengah masyarakat akan begitu bahanya virus Corona dimaksud dengan lebih banyak betah dirumah, jaga jarak dalam berhubungan ( physical distancing ) dan tingkatkan pola hidup bersih.

Dari upaya yang ada melalui  himbauan pemerintah  tentu ada harapan kepada masyarakat untuk lebih waspada dan melakukan pencegahan dini sebagai upaya memutas rantai penebaran COVID – 19.

Pramuka Kwarcab Sumbawa dibawah kordinasi Rusdianto AR, M.Pd Waka Abdimasgana dan Abdul Azis, S.Pd.SD, Divisi Humas  dan Hubungan Internasional, Satgas Pramuka Peduli Sumbawa bersama Tantowi Jahori, S.Fil dari Komunitas Pohon ( Kompos )  Sumbawa sebagai tim ahli dalam membuat Intsektisida sebagai bahan siap pakai dalam melakukan penyemprotan di berbagai tempat berdasrakan kebutuhan masyarakat .

Bermula dari diskusi / barape pantar bersama mengeluarkan ide dan merumuskan niat untuk suatu gerakan bersama  untuk melakukan gerakan peduli melalui upaya penyemprotan  objek objek vital seperti  masjid /musholla , sekolah, balai pertemuan perkantoran, dan rumah penduduk.  Tidak berhenti sampai disini saja, dari  diskusi itulah menentukan titik  atau lokasi yang menjadi sasaran awal gerakan peduli yaitu di Mesjid Desa Nijang Kecamatan unter Iwes dengan menggunakan alat semprot rakitan dan obat obatan swadaya bersama.

Kegiatan terus berlanjut sampai dengan hari ini sudah menjangkau beberapa tempat  dengan harapan rasa tenang dan upaya pencegahan dini sudah dapat diterapkan.

Dalam gerakan peduli  yang dilakukan tentu masyarakat tidak melihat begitu saja, disini ada motivasi yang lahir dan banyak public merespon serta ingin dibantu karena tidak adanya sarana yang dimiliki untuk melakukan penyemprotan sendiri.

Sebagai sosok yang tumbuh dan lahir dalam jiwa pramuka yang terus bergerak dengan  berlandaskan Dasa Darma Pramuka Kak Anto dan Kak Ache sapaan akrab anggota pramuka sumbawa ini  bersama bung Tantowi terus melakukan sosialisasi dan memberi motivasi kepada  masyarakat melalui gerakan nyata di lapangan dengan sukarela.

“Berbuatlah selagi kita masih puny acara untuk menanamkan rasa peduli dengan situasi terkini demi kepentingan bersama – sama,” kataKak Ache sapaan akrab guru SDN Nijang ini.

Berdasarkan catatan yang diberikan sampai hari Jum’at 27 Maret 2020 relawan peduli ini sudah melalukan pentemprotan di bebrapa tempat dalam  kecematan Sumbawa, Unter Iwes, Labuhan Badas dan Batu Lanteh. Tim juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari semua pihak yang telah ikut memberikan bantuan alat semprot, obat – obatan dan bantuan lainnya.

“Semoga apa yang kita lakukan saat ini menjadi bagian dari ibadah  bersama dan tentunya berkah sepanjang masa,” harapnya. (KS)