oleh

Dampak Gadget Bagi Kesehatan Mata

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Gadget adalah sebuah obyek teknologi kecil seperti perangkat atau alat yang memiliki fungsi tertentu, tetapi sering dianggap sebagai hal yang baru. Gadget yang selalu dianggap lebih luar biasa atau cerdik dirancang dibandingkan dengan teknologi normal pada saat penemuan mereka.

Saat ini penggunaan gadget seakan sudah menjadi kebutuhan yang sulit di lepaskan dari kegiatan sehari-hari. Banyak orang yang menggunakan gadget untuk mempermudah tugas dan pekerjaan atau  sebagai pengisi waktu luang. Semua perangkat teknologi canggih tersebut tak sekedar menjadi alat komunikasi dan hiburan, tetapi juga untuk mengetahui berbagai informasi dan pengetahuan. karenanya tak mengherankan bila banyak orang asik menggunakan gadget hingga lupa waktu. Namun taukah anda bahwa penggunaan gadget yang tidak bijak alias berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan, tanpa disadari penggunaan gadget secara terus menerus dapat mengakibatkan berbagai masalah pada mata,seperti mata lelah ,merah, penglihatan yang buram, mata kering hingga iritasi ringan,bisa juga menyebabkan gangguan pendengaran, produksi sperma menurun, kanker, nyeri punggung, stres, menurunya kepekaan terhadap lingkungan, dan juga berrisiko selama kehamilan.

iklan kampanye

Berikut beberapa kegiatan yang perlu dibatasi dalam penggunaan gadget :

Bermain Games
Beberapa pakar berpendapat bahwa bermain video games terlalu lama dalam jangka panjang akan menimbulkan resiko mata minus atau rabun jauh bagi seseorang, sebagaimana efek yang ditimbulkan saat kita terlalu lama bermain komputer.

Baca juga:  Pilpres 2019, Umat Islam sebagai Penentu

Efek lainnya antara lain kelelahan mata, pandangan kabur, hingga sakit kepala yang muncul saat kita sudah asyik dengan permainan dan lupa untuk beristirahat.

Masalah penglihatan yang disebabkan video games adalah karena mata yang tidak lagi terfokus pada permukaan yang datar namun secara terus menerus akan merubah fokus sehingga kelelahan mata akan timbul. Mata cenderung “terkunci” ke dalam layar dan hal ini dapat menyulitkan mata untuk fokus pada objek lain bahkan dalam waktu lama setelah selesai bermain. Selain itu, mata juga akan jarang berkedip dan menyebabkan kekeringan.

Bekerja Menggunakan Laptop atau Komputer
Sebenarnya layar komputer atau laptop tidak menimbulkan radiasi yang berbahaya bagi mata.  Namun terkadang kita yang salah dalam menempatkan dan mengatur cahaya dari layar tersebut. Jika Anda kerap beraktivitas menggunakan laptop atau komputer, sebaiknya letakan monitor sekitar 50-60 sentimeter dari mata. Penerangan dari laptop tidak boleh terlalu terang dan tidak boleh terlalu redup.

Jadi, cahaya laptop sebaiknya sedang dan ada penerangan di ruangan (di atas) laptop. Ada sebagian orang yang memasang alat pengurang paparan ultraviolet pada layar monitor. Sebenarnya efeknya tidak terlalu optimal. Dan yang terpenting, istirahatkan mata Anda setiap 20 menit sekali.

Baca juga:  LOMPATAN KREATIVITAS GURU DALAM PANDEMI COVID -19

Smartphone dan Tablet
Smartphone dan tablet banyak sekali di gunakan untuk membaca email ,sms,browsing internet sampai untuk menonton video. Dari studi yang telah dilakukan menunjukan bahwa kelelahan mata dapat terjadi apabila kita melihat melalui screen yang kecil dalam durasi yang lama.Umumnya orang menggunakan smart phone dan komputer tablet dengan jarak yang lebih dekat dari pada membaca buku atau koran sehingga mata menjadi lebih cepat lelah. Memperbesar ukuran font pada gadget dan mengatur jarak kira-kira 30 – 40 cm dari mata dapat membantu mengurangi gejala mata lelah. Nonaktifkan internet sementara waktu.

Cara mengatasi kecanduan gadget
• Hapus aplikasi yang menyebabkan candu,
• Memperbanyak sosial dengan teman dan orang terdekat,
• Matikan semua notifikasi aplikasi,
• Mematikan gadget satu jam sebelum tidur,
• Ganti gadget dengan buku,
• Menonaktifkan internet sementara waktu,

Terapkan ‘eye exercise’ untuk mengurangi dampak buruk dari penggunaan gadget. Terapkan aturan 20/20 artinya luangkan waktu 20 detik untuk melihat benda benda sejauh 20 meter setiap 20 menit saat menggunakan gadget. Gunakan gadget dengan cara yang tepat sehingga Anda dapat menggunakannya dengan nyaman dan penglihatan  tetap aman.

Penulis :
Lara sagita
Harmili,S.Kep.,Ns.,M.Kep
Maha Siswi dan Dosen Stikes Griya Husada Sumbawa