oleh

Jadi Anggota Sekretariat PPK, ASN Diminta Kedepankan Independensi

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 72 orang anggota Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Sumbawa pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbawa 2020, resmi dilantik.

Pelantikan dilakukan di lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Sabtu (07/03/2020) pagi. Pengambilan Sumbawa janji jabatan dilakukan oleh Ketua KPU Sumbawa. Dihadiri Sekda Sumbawa, Kapolres, Bawaslu, Pimpindan OPD, serta Camat.

iklan

Ketua KPU Sumbawa M. Wildan, M.Pd., mengatakan, anggota sekretariat PPK ini terdiri dari Satu orang Sekretaris dan Dua orang Staf sekretariat. Mereka merupakan ASN di Kantor Camat setempat yang diperbantukan oleh Pemda untuk membantu tugas PPK.

“Pemilihan anggota sekretariat ini berdasarkan koordinasi PPK dengan Pak Camat. Kita lantik hari ini adalah mereka yang terbaik berdasarkan penilaian PPK dan Pak Camat,” jelasnya.

Baca juga:  Fahri Hamzah Semangatkan Pendukung NurSalam

Adapun tugas anggota sekretariat PPK ini lanjut Wilda, membantu PPK dalam menjalankan seluruh tahapan Pilkada di wilayah Kecamatan masing-masing, terutama dalam bidang administrasi, perkantoran dan kearsipan, termasuk pelaporan keuangannya.

“Tugas mereka sepenuhnya membantu PPK dalam menjalankan seluruh tahapan Pilkada di tingkat Kecamatan,” kata Wilda.

Wildan mengingatkan kepada seluruh anggota sekretariat PPK yang telah dilantik ini, agar dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara, tetap mengedepankan sifat independensi, non partisan, tetap mengedepankan sifat jujur adil dalam bekerja.

“Mereka ini sudah terikat dengan kode etik dan kode perilaku sabagai pegangan dalam menjalankan tugasnya. Kemarin ada rakor dengan Pak Tito Menteri dalam Negeri, beliau menjamin seluruh ASN yang ada di Indonesia tetap menjaga netralitasnya. KASN juga mengingatkan jangan pernah atau ingin tidak netral dalam penyelenggaraan. KASN siap mengadili seluruh proses pelanggaran yang dilakukan ASN,” pungkasnya. (KS/aly)

iklan