oleh

Bacaan Niat, dan Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Sumbawa, Kabarsumbawa – Bulan Rajab tahun ini jatuh pada Selasa 25/2/2020 lalu. Pada bulan ketujuh Hijriah ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan termasuk melakukan puasa Rajab.

“Utsman bin Hakim al-Anshariy bertanya pada Said bin Jubair mengenai puasa Rajab, sedangkan saat itu kami berada pada bulan Rajab maka ia menjawab: Kami mendengar bahwa Ibn Abbas RA berkata:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصوم حتى نقول لا يفطر ويفطر حتى نقول لا يصوم

“Rasul SAW berpuasa sampai-sampai kami mengatakan beliau tidak meninggalkan puasa (puasa terus), dan Rasul SAW tidak berpuasa sampai-sampai kami mengatakan beliau tidak berpuasa” [HR Muslim].

Baca juga:  Stunting Bukan Hanya Soal Gizi, Tapi Juga Pola Asuh dan Pola Didik.

Puasa Rajab diawali dengan niat yang dapat diucapkan atau diungkapkan di dalam hati pada malam hari sebelum berpuasa atau di pagi hari saat berpuasa.

Berikut niat puasa Rajab.

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى

Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta’aala.

Rajab sendiri merupakan salah satu bulan yang penting bagi umat Islam. Apalagi Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda, bahwa bulan Rajab adalah bulannya Allah Ta’ala.

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk banyak beramal saleh pada bulan Rajab ini untuk banyak mengingat nikmat yang diberikan Allah Ta’ala kepada seluruh manusia. (adm)

News Feed