23 Ribu Peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran Dinonaktifkan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 23 ribu peserta Bandan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dinonaktifkan. Mereka merupakan Peserta Bantuan Iuran (PBI) APBD Kabupaten Sumbawa.

Kepala Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Mirajuddin membanarkan hal tersebut. Dikatakan, mereka dinonaktifkan karena tidak masuk ke dalam Basis Data Terpadu (BDT). Penonaktifan dilakukan sejak Januari lalu.

“Dari 82.853, ada sekitar 23.000 yang kita non aktifkan. Karena terindikasi tidak BDT. Ini mulai Januari kemarin. Penonaktifan ini karena memang sudah menjadi ketentuan dari pusat.  Bahwa semua penerima bantuan iuran tersebut, harus tercantum namanya dalam BDT.   Selain itu, langkah ini ditempuh karena ada kenaikan iuran BPJS, sementara anggaran daerah terbatas,” ungkapnya.

Terhadap yang dinonaktifkan tersebut, jika memang mendesak untuk berobat, maka bisa beralih ke BPJS mandiri. Tetapi ketika sudah diverifikasi dan layak masuk BDT lagi, maka pemerintah  bisa mengalihkan  lagi ke BPJS gratis.

“Tetapi harapan kami melalui desa dan kelurahan untuk memverifikasi kembali data itu. Sehingga kalau memang sudah layak masuk ke BDT melalui Musdes atau Muskel, itu nanti bisa kita usulkan berdasarkan kuota yang tersedia.  Desa atau Kelurahan silahkan saja masyarakat yang dikatakan tidak mampu atau miskin itu dimasukkan. Karena ada jaminan dari Kemensos. Semua yang ada dalam BDT itu akan dicover oleh PBI APBN,” jelasnya.

Dijelaskan, verifikasi untuk masuk ke BDT, itu diberikan kesempatan 4 kali dalam setahun. Yakni  Januari, April, Juli dan Oktober. Artinya kalau sudah diverifikasi dimasukkan di April, kalau sudah di SK kan oleh Menteri BDT nya, baru nanti didaftarkan lagi di BPJS. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

Tahun Ini, Pemda Sumbawa Rehab 11 Pustu

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati...

Gunakan DAK, Pemda Sumbawa Bakal Bangun Laboratorium Kesehatan Masyarakat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...

20 Puksesmas di Kabupaten Sumbawa Berstatus Akreditasi Paripurna

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...