oleh

Dua Balon Independen Serahkan Berkas Dukungan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dua Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Sumbawa jalur perseorangan atau independen mulai menyerahkan berkas dukungannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Hari pertama penyerahan berkas dukungan, Rabu (19/02/2020), dua pasangan Balon datang ke kantor KPU Sumbawa untuk menyerahkan berkas tersebut. Pantauan media ini pasangan yang pertama mendatangi KPU yakni pasangan Drs. H. Rasydi – H. Sudirman Malik, S.Pd. mereka datang sekitar pukul 11:30 wita bersama dengan partisipannya.

iklan kampanye

Selanjutnya pasangan Ir. Talifuddin, M.Si – Sudirman, S.Ip datang sekitar pukul 14.00 wita. Mereka juga didampingi oleh pendukungnya untuk mengantarkan berkas dukung ke KPU Sumbawa.

Baca juga:  Polresta Mataram Antisipasi Gangguan Pilkada

Ketua KPU Sumbawa M. Wildan M.Pd ditemui usai kegiatan mengatakan, tahapan penyerahan berkas dukungan balon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa jalur perseorangan dibuka selama lima hari. Penyerahan dimulai pada tanggal 19 hingga 23 Februari 2020.

“Hari ini merupakan hari pertama dari proses tahapan kita pada Pilkada Sumbawa 2020. Penyerahan dukungan akan dilaksanakan selama lima hari untuk calon perseorangan,” ungkapnya.

“Menurut Sistem Informasi Pasangan Calon (Silon) bahwa pasangan Talif Sudir telah memberikan dukungan sebanyak 43.800 dukungan. Sementara pasangan Rasyidi Sudirman sebanyak 34.510 dukungan. Artinya dari segi jumlah sudah melampaui batas minimal yang kami tetapkan yakni 28.105 dukungan,” jelasnya.

Baca juga:  Jika DPP Tidak Rekomendasikan Husni, DPC Demokrat :Tetap Kami Patuh

Selanjutnya kata Wildan, KPU Sumbawa akan melakukan pengecekan terhadap berkas dukungan yang telah diserahkan oleh kedua balon tersebut. Kemudian dilakukan proses verifikasi administrasi. Selanjutnya dilakukan verifikasi factual.

Kemudian dilakukan relapitulas hasil verifikasi tersebut. Mana dukungan yang Memenuhi Syarat (MS) dan mana yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) . Rekapitulasi dua tahap, di Kecamatan dan di Kabupaten. Dari hasil rekapitulasi apakah dukungan terpenuhi. Jika terpenuhi maka akan berikan berita acara untuk melakukan pendaftaran sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati  Sumbawa tahun 2020. (KS/aly)