KPU Sumbawa Mulai Rekrut Anggota PPS

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Salah satu tahapan persiapan dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020 mulai dilaksanakan. Adalah perekrutan calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Sebelumnya, pada tanggal 15 – 17 Februari KPU Sumbawa telah mengumumkan masa Pendaftaran dan persyaratan bagi Calon Anggota PPS melalui website kpu-sumbawakab.go.id dan akun media sosial KPU Sumbawa. Untuk masa pendaftaran telah di buka sejak tanggal 18 – 24 Februari nanti. Pedaftaran bertempat di kantor KPU Sumbawa.

Adapun persyaratannya, seperti foto copy E-KTP atau SUKET dari Dukcapil setempat, foto copy Ijazah minimal SLTA/sederajat yang dilegalisir, surat keterangan sehat dari puskesmas/rumah sakit terdekat, pas foto 3 x 4, sedangkan dokumen untuk surat pendaftaran, surat pernyataan serta Daftar Riwayat Hidup sudah disediakan oleh KPU Sumbawa yang merupakan satu kesatuan dari pengumuman.

Baca juga:  MOFIQ : Jawaban dari Suasana Kebatinan

Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Sumbawa, Muhammad Ali mengatakan, perekrutan calon anggota PPS, untuk menjamin Integritas penyelenggara, pihaknya tetap menggunakan indikator-indikator keterlibatan menjadi anggota partai politik, periodesasi PPS dalam jabatan yang sama, dugaan atau indikasi terlibat dalam konsolidasi kelompok politik yang akan menjadi bakal peserta Pemilihan tahun 2020 di Sumbawa.

Sebagai alat ukur kata dia, untuk memastikan calon anggota PPS tersebut non partisan secara politik, antara lain Aplikasi SIPOL, DCT PILEG tahun 2019, Media sosial, dan laporan atau tanggapan tertulis masyarakat.

Lanjutnya, jumlah anggota PPS di setiap desa berjumlah 3 orang yang tersebar di 165 desa/kelurahan, sedangkan pada masa pendaftaran calon anggota PPS, KPU Sumbawa harus memenuhi jumlah pendaftar sebanyak 2 (dua) kali jumlah kebutuhan atau 6 orang, hal ini sebagaimana diatur dalam PKPU No. 3 tahun 2015, PKPU No. 12 dan PKPU No. 13 Tahun 2017.

Baca juga:  Bertemu Nasdem, PAN Sumbawa Jajaki Pasangan Jarot - Fachry

Yang terpenting juga kami sampaikan, dalam perekrutan calon anggota PPS semua orang punya kesempatan yang sama, tidak lagi menggunakan rekomendasi pemerintah desa setempat,” tegasnya.

Dalam proses seleksi, ada beberapa tahapan antara lain pendaftaran, Penelitian administrasi, tanggapan masyarakat tahap I, Tes tulis, Wawancara sekaligus klarifikasi, tanggapan masyarakat tahap II dan klarifikasi dan terakhir penetapan. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bertemu Nasdem, PAN Sumbawa Jajaki Pasangan Jarot – Fachry

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD PAN Kabupaten Sumbawa menggelar...

MOFIQ : Jawaban dari Suasana Kebatinan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Silaturahmi dan buka bersama, DPD...

Analis Politik Yakin Zul-Rohmi Tak Pecah Kongsi di Pilgub NTB 2024

Mataram, Kabarsumbawa.com - Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6...

MOFIQ Dinilai Bakal Jadi Paket Komplet untuk Kabupaten Sumbawa 2024

Mataram, Kabarsumbawa.com - Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6...