Sumbawa Terima RISHA 2 Lantai dari Kementerian PUPR

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Penandatangan berita acara menandai serah terima kelola Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) 2 lantai di Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2019 dari Kepala Satuan Kerja Balai Litbang Penerapan Tekhnologi Yogyakarata kepada Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sumbawa, yang digelar di Ruang Rapat H. Hasan Usman Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa, Kamis pagi (6/2).

Serahterima ini disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa mengapresiasi Kementerian PUPR RI melalui Badan Litbang PUPR atas dipilihnya Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu lokasi pembangunan RISHA 2 lantai, dimana pembangunan tersebut rencananya akan dilaksanakan di Lingkungan Loka Latih Kabupaten Sumbawa. Menurutnya, lokasi ini dipilih dengan pertimbangan agar memudahkan akses para peserta loka latih yang mengikuti pelatihan atau masyarakat umum yang ingin berekreasi di pantai Saliper Ate.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Bibit Jagung Tahap Pertama Kepada Petani

Disampaikan, keberadaan bangunan RISHA di Kabupaten Sumbawa dapat menjadi media edukasi bagi masyarakat yang terkena dampak gempa bumi pada 2018 yang lalu, mengingat, saat ini masyarakat belum begitu mengenal tekhnologi RISHA, meskipun telah cukup lama diterapkan di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten-Kabupaten lain di NTB. Sehingga kedepan, menurut Sekda, tekhnologi ini dapat menjadi alternatif pilihan rumah bagi masyarakat, karena lebih aman dan tahan bila terjadi gempa.

Baca juga:  RAPAT AKSI #1 : Analisis Percepatan Penurunan Stunting dan Penentuan Lokus Tahun 2025

Selain itu, H. Bas mengungkapkan, untuk memudahkan sosialiasi kepada masyarakat tentang keberadaan RISHA di Kabupaten Sumbawa, Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah membentuk tim pengelola RISHA yang secara periodik dan sistematis akan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Kepala Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Tekhnologi, Balitbang Kementerian PUPR RI, Ir. Rezeki Perangin Angin, M.Sc., M.M dalam sambutannya menyampaikan dipilihnya Kabupaten Sumbawa sebagai lokasi pembangunan RISHA karena pemerintah daerahnya bersedia menyediakan tempat untuk uji coba pembangunan RISHA 2 lantai, mengingat RISHA 2 lantai ini merupakan tekhnologi yang baru dikembangkan. (KS/hms/tina)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...