oleh

Penempatan Arab Saudi, Disnakertrans Sumbawa Tunggu Surat Resmi

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemberangkatn Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ke Negara Arab Saudi melalui Sistem Penampatan Satu Kanal (SPSK) telah dibukan sejak akhir tahun 2019 lalu. Namun hingga saat ini pemberangkatan CPMI ke Negara bagian di Timur Tengah itu, belum bisa dilakukan.

Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa, Dr. H. Muhammad Ikhsan Safitri kepada wartawan mengatakan, Saat ini pihaknya masih menunggu surat resmi permohonan pengajuan Job Fair dari Apjati NTB.

“Kami masih menunggu surat resmi dari Provinsi. Apakah itu dari Ketua Apjati atau Disnaker Provinsi NTB. Kalau sudah ada suratnya, kemudian baru kita tindaklanjuti untuk SPSK ke Arab Saudi,” jelasnya. Jum’at (07/02/2020).

Baca juga:  Inilah Nilai Kerusakan Yang Dialami PDAM Batulanteh

Menurutnya, Surat resmi tersebut sangat penting agar pihaknya mendapat informasi yang jelas dan tarang bederang terkait pemberangkatan CPMI ke Arab Saudi.

“Kalau sudah ada surat, informasinya sudah jelas, bari kita tindaklanjuti dengan Job Fair. Kita akan mempertemukan pencari kerja dengan penyedia pekerjaan,” terangnya.

Selaku OPD terkait, pihaknya berharap kepada masyarakat termasuk CPMI supaya memanfaatkan jalur resmi untuk bekerja di luar negeri. Diharapkan dapat berkoordinasi ke Disnakertrans jika ada yang hendak ditanyakan atau belum jelas.

“Jangan sampai terbuai dengan godaan dan rayuan oknum-oknum tertentu yang berniat untuk mempekerjakan di Timur Tengah. Karena hingga saat ini Timur Tengah belum buka. Dalam waktu dekat akan ada jobfair, dan setelah itu akan buka secara resmi khusus Arab Saudi. Sedangkan 18 negara Timur Tengah lainnya masih tutup,” pungkasnya. (KS/aly)

iklan bkbpp

News Feed