Ini Lembaga Penyelenggara Seleksi Tambahan Bacakades

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Sumbawa Nomor 202 Tahun 2020 tanggal 03 Februari, Lembaga Psikologi Big Idea ditetapkan sebagai lembaga independen penyelenggara seleksi tambahan terhadap bakal calon kepala desa (Bacakades) di 45 Desa di Kabupaten Sumbawa yang memiliki lebih dari 5 bakal calon.

‘’Jadi ada tiga yang mendaftarkan diri sebagai penyelenggara. Kita sudah memanggil ketiganya untuk presentasi. Dari hasil itu kemudian Tim Panitia Kabupaten melakukan rapat, dan menunjuk Lembaga Psikologi Big Idea sebagai lembaga seleksi tambahan,’’ kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro, Rabu (05/02/2020) kepada wartawan di ruang kerjanya.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Lanjutnya, Big Idea dipilih sebagai lembaga penyelenggara seleksi tambah berdasarkan banyak pertimbangan. ‘’Pertimbangan memilih Big Idea, karena dia lebih lengkap tim dan juga tata cara seleksinya. Dari hasil ekspose mereka akan menggunakan penilaian melalui komputer, khusus psikologi itu ada aplikasi khusus yang diterapkan. Sehingga itu yang menurut kita terbaik. Lembaga ini sudah kita cek lengkap semuanya, ada akta notaris, juga sudah terdaftar di Kesbangpol,’’ terangnya.

Setelah terpilih, selanjutnya lembaga tersebut memiliki tugas merencakanan persiapan melaksanakan kegiatan seleksi tambahan, bertanggungjawab terhadap seluruh proses pelaksnaan kegiatan hingga hasil pelaksanaan seleksi tambahan, hingga melaporkan hasil berdasarkan perankingan perdesa kepada panitia kabupaten.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Diungkapkan, selain tes psikologi bagi 332 Bacakades, juga akan dilakukan tes potensi akademik. Dimana tes ini mengenai undang-undang Pemerintahan Daerah, juga undang-undang Pemerintahan Desa, termasuk mengenai pengetahuan umum, serta muatan lokal.

‘’Sesuai tahapan, seleksi dilaksanakan pada 14 februari. Tapi nanti tergantung kesiapan dia juga. Untuk lokasi tes masih kita bicarakan. Tapi tahun lalu di lantai III. Apakah itu nanti bisa sekaligus, belum kita finalkan,’’ pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...