oleh

Wabup Ajak Jaga Keimanan dan Kokohkan Ukhuwah Islamiah

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menghadiri Tabligh Akbar pada Minggu malam, (02/02) di Masjid Agung Nurul Huda. Kegiatan ini juga dihadiri Anggota Forkopimda, Kapolres Sumbawa, para tokoh agama dan tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan, kegiatan dakwah atau siraman rohani akan membawa manfaat dan dampak positif bagi pembinaan umat, serta pembangunan daerah. Melalui kegiatan ini beliau berharap agar semua pihak dapat meningkatkan kualitas keimanan dan memperkokoh ukhuwah islamiyah, sehingga dapat melakukan evaluasi dan introspeksi diri guna menghadapi tantangan zaman ke depan, mengingat godaan dan tantangan kehidupan beragama di era kebebasan dan globalisasi saat ini sangat berat dan beragam. Tantangan dan godaan dimaksud bukan saja bagi individu-individu kaum muslimin, akan tetapi termasuk tantangan besar ummat islam yang harus bisa dihadapi secara bersama-sama.

iklan

“Tantangan besar yang saya maksudkan antara lain makin merosotnya perhatian dan pengamalan ajaran agama di kalangan umat islam itu sendiri, termasuk kemerosotan akhlaq.” ucapnya.

Tabligh Akbar diisi oleh Gus Mahmud Al Hasan Bin Kh Uzairon Thoifur Abdillah pengasuh Pondok Pesantren Al- Fatih Temboro Jawa Timur. Dalam ceramahnya Gus Mahmud menguraikan makna surat Al’Ashr mengenai pentingnya memanfaatkan waktu.

Disampaikan bahwa seluruh manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kerugian yang dimaksud dalam ayat ini bisa bersifat mutlak, artinya seorang merugi di dunia dan di akhirat. Oleh karena itu, dijelaskan, dalam surat ini Allah mengeneralisir bahwa kerugian pasti akan dialami oleh manusia kecuali mereka yang memiliki kriteria-kriteria dalam surat tersebut. (KS/hms/Tina)