oleh

Demokrat Sumbawa Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Sumbawa membukan penjaringan Bakal Calon Kepada Daerah (Bacakada) pada Pilkada Sumbawa tahun 2020.

Penjaringan dibuka mulai hari ini, Senin (03/02/2020). Pengambilan formulir dimulai tangga 03 hingga 07 Februari. Kemudian, pengembalian formulir mulai tanggal 08 hingga 17 februari mendatang. Selanjutnya, akan dilakukan uji kelayakan dan kepatuhan bakal calon.

iklan kampanye

Ketua Penjaringan Hafifuddin, SH sekaligus Sekretaris DPC Demokrat Sumbawa, menyampaikan, proses penjaringan dilaksanakan dengan mekanisme Peraturan Organisasi (PO) dan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

“Berdasarkan itu kita ditugaskan untuk membuka seluas-luasnya dan memberikan kesempatan kepada seluruh putra terbaik kabupaten Sumbawa untuk ikut berpartisipasi dan mendaftarakan diri ke patrai Demokrat,” jelasnya.

Baca juga:  Bupati Optimis Pencapaian Akta Kelahiran Di Sumbawa Melebihi Nasional

Lanjutnya, semua bakal calon yang mendaftar di DPC Partai Demokrat Sumbawa, akan melalui proses yang sama. Proses penjaringan akan dilakukan sebaik-baiknya sesuai dengan PO dan Juklak dari DPP Demokrat.

Dalam pendaftarannya kata dia, bakal calon diwajibkan menyertakan hasil survey dari lembaga yang telah disetujui oleh DPP. Ada sebanyak 17 lembaga survey yang disetujui oleh DPP diantaranya, Roda Tiga Konsultan (RTK), Lembaga Survei Indonesia (LSI), Polmark, Saiful Nujani Research And Caonsulting (SMRC), Indikator, Jaringan Suara Indonesia.

Jika ada bakal calon yang melampirkan hasil survey dari selain 17 lembaga tersebut, maka pihaknya akan melakukan koordinasi ke DPP. “Yang menjadi syarat utama adalaha semua bakal calon yang mendaftar di Demokrat harus melampirkan hasil survey dari lembaga yang telah disetujui oleh DPP. Sebanyak 17 lembaga. Ketika ada lembaga survey yang digunakan selain dengan itu maka kita akan koordinasi dengan DPP,” pungkasnya. (KS/aly)

Baca juga:  Kejaksaan Akan Gelar Sosialisasi Dan Deklarasi Anti Korupsi