Ratusan Hektar Tanaman Jagung Diserang Ulat Grayak

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kondisi cuaca yang tidak menemutu mengakibatkan hama seperti ulat Grayak bermunculan. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, sekitar 400 hektar lahan jagung milik warga diserang hama tersebut.

Kabid Pangan Dinas Pertanian Sumbawa, Syam, SP kepada wartawan Kamis (30/01/2020) membanarkan hal tersebut. Ia mengatakan, serang hama tersebut masih tergolong sedang.

Meski demikian, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menanganinya. Seperti mencanangkan gerakan pengendalian ulat grayak secara masal yang dilaksanakan di kelompok Tani Gempar di Desa Penyaring di Kecamatan Moyo Utara. Kegiatan itu dihadiri seluruh petani di Desa Penyaring, PPL, UPT diseluruh Kabupaten, Koramil Moyo Utara dan Koramil Sumbawa, termasuk tim BPOPH (Badan Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman Provinsi) dan tim dari Perlindungan Tanaman Pangan Jakarta.

“Disana diadakan bimbingan teknis oleh tim Perlindungan, dimana dalam rangka pengendalian perlu langkah-langkah yang dianjurkan,” ujarnya

Dijelaskannya, dalam pengendalian dikenal 6 prinsip, seperti tepat jenis memilih pestisida karena yang menyerang tanaman adalah hama itu harus menggunakan pestisida jenis insektisida, tepat volume semprot, tepat dosis, tepat waktu, dan tepat aplikasinya.

“Jika sudah tidak bisa menggunakan cara biologis dan fisik. Baru pengendalian secara kimia menggunakan pestisida. Hama ini khusus pada tanaman jagung dengan intensitasnya masih sedang. InsyaAllah kalau bisa tertangani dengan baik, kira-kira tidak sampai 10 persen kerusakan. Tapi kalau sudah terserang dengan berat, jagung akan mati. Untuk pemantauannya kami terjun langsung ke lokasi,” pungkasnya (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Diskusi Bersama Pelaku Seni, Jubir Kemenlu RI Iqbal Dorong Sekolah Tinggi Kesenian Hadir di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu...

Kemenkumham Kembali Raih Kualitas Tinggi dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Di penghujung tahun 2023, sekali lagi...

Bank Sampah Pemuda Berbagi Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bank Sampah Kelompok Pemuda Berbagi asal...

Kemenkumham Raih Penghargaan Terbaik I ITKP di Anugerah Pengadaan 2023

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Kementerian Hukum dan Hak asasi Manusia...